Insiden di UNY Jadi Sorotan, Dirjen HAM Tekankan Pentingnya Kebebasan Berpendapat di Kampus

Insiden di UNY Jadi Sorotan, Dirjen HAM Tekankan Pentingnya Kebebasan Berpendapat di Kampus

Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia (HAM), Dhahana Putra, menegaskan pentingnya menjaga dan merawat kebebasan berpendapat di lingkungan kampus perguruan tinggi.--

Dhahana Putra juga menegaskan bahwa kebebasan berpendapat merupakan fondasi yang kokoh bagi berkembangnya kebebasan akademik.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk menjadi teladan dalam menerapkan dan merawat kebebasan berpendapat di ruang publik.

BACA JUGA:Pesona Baamar Galung Pancar Matahari, Menteri AHY Tampil Memukau di Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI

BACA JUGA:Review Hp Vivo V40 Pro Mengusung Kamera Berkualitas dengan Kapasitas Baterai Besar

“Kami berharap apa yang terjadi tempo hari di UNY sehingga menimbulkan kekhawatiran publik tidak terulang kembali,” ucapnya.

Meskipun demikian, Dhahana Putra juga mengingatkan para mahasiswa untuk selalu menjaga etika dan menghormati peraturan serta ketertiban umum saat menyampaikan pendapat mereka.

"Penting harus diingat untuk adik-adik mahasiswa jangan sampai dalam menyampaikan pendapat melakukan aksi-aksi vandalisme sehingga menimbulkan antipati dari masyarakat,” tegasnya.

Dalam penutup pernyataannya, Dhahana Putra menegaskan komitmen Kementerian Hukum dan HAM untuk terus memantau dan memastikan bahwa kebebasan berpendapat di Indonesia, terutama di lingkungan akademik, tetap terjaga dan tidak dilanggar.

Hal ini, menurutnya, adalah bagian dari upaya membangun masyarakat yang lebih inklusif dan demokratis di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: