Menteri Hukum dan HAM Tekankan Pentingnya Pilkada Ramah HAM dan Bebas Hoaks

Menteri Hukum dan HAM Tekankan Pentingnya Pilkada Ramah HAM dan Bebas Hoaks

Dr. Supratman Andi Agtas, SH, MH, Menteri Hukum dan HAM, menyampaikan pidato tentang pentingnya Pilkada ramah HAM yang bebas dari hoaks dan ujaran kebencian, dalam acara Kick-Off Peringatan Hari Hak Asasi Manusia ke-76 Tahun 2024.--

SUMEKS.CO - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia, Dr. Supratman Andi Agtas, SH, MH, menekankan pentingnya penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang ramah Hak Asasi Manusia (HAM), bebas dari provokasi, hoaks, dan ujaran kebencian.

Hal ini disampaikan dalam acara Kick-Off Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Ke-76 Tahun 2024 dan Deklarasi Pilkada Bagi Pemilih Pemula yang digelar di Jakarta.

Dalam pidatonya, Supratman menegaskan bahwa generasi muda memiliki peran penting dalam mewujudkan Pilkada yang adil dan demokratis.

Ia mengajak mereka untuk memahami dan meningkatkan kesadaran akan hak-hak mereka sebagai pemilih, agar dapat menjalankan hak suara secara bijak dan bertanggung jawab.

BACA JUGA:Dr Richard Lee Ajak Nonton Podcastnya Dengan Dr Oki, Klaim Semua Edukasi Tentang Skincare Abal-abalnya Benar!

BACA JUGA:Guru Tua di Video Syur Bersama Siswinya di Gorontalo Resmi Ditetapkan Tersangka, Inisial DH Usia 57 Tahun

“Dengan pengetahuan yang memadai, diharapkan generasi muda dapat menjalankan hak suara mereka secara bijak dan bertanggung jawab, serta berkontribusi pada pelaksanaan Pilkada yang menghormati prinsip-prinsip hak asasi manusia,” ucap Supratman.

Menkumham menekankan bahwa Pilkada yang baik bukan hanya soal memilih pemimpin, tetapi juga tentang menciptakan ruang demokrasi yang bebas dari hasutan, provokasi, dan kebohongan.

Ia menambahkan bahwa setiap pemilih, terutama pemilih pemula, harus dibekali dengan pengetahuan yang cukup untuk melawan hoaks dan ujaran kebencian yang sering mencemari ruang publik selama proses pemilihan.

Sebagai langkah nyata untuk mencapai tujuan tersebut, Kementerian Hukum dan HAM telah bekerja sama dengan Komunitas Pemuda Pelajar Pecinta HAM (KOPPETA HAM). Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi terkait hak-hak pemilih pemula serta cara menghindari provokasi dan berita palsu.

BACA JUGA:Pesan Feri Rupit Kaki Tangan Sultan Malaysia di Linggau, ‘Bandar Narkoba Berhentilah Karena Pasti Tertangkap!’

BACA JUGA:6 Hp Layar Lipat Keluaran Terbaru 2024 yang Bikin Gagal Fokus, Dibekali Spek Unggulan dengan Harga Terjangkau

“Dengan kolaborasi bersama generasi muda, kami meyakini bahwa Pilkada mendatang dapat berjalan dengan suasana yang lebih aman, damai, dan tentunya demokratis,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Menkumham juga mengungkapkan tema peringatan Hari HAM ke-76 tahun 2024, yaitu “Harmoni Dalam Keberagaman Menuju Indonesia Emas 2045”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: