Garuda Tambah Penerbangan ke IKN, Antisipasi Lonjakan Pemudik Jelang HUT RI ke-79

Garuda Tambah Penerbangan ke IKN, Antisipasi Lonjakan Pemudik Jelang HUT RI ke-79

Dekati HUT RI ke-79 penerbangan tujuan IKN ditambah. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

"Untuk MotoGP Mandalika, HUT RI di IKN, dan WWF, Garuda akan mendukung kegiatan skala nasional dengan rute-rute khusus," jelasnya.

Irfan juga menyatakan bahwa Garuda Indonesia telah berkoordinasi dengan penyelenggara dan Pengembangan Pariwisata Indonesia (Tourism Development Corporation atau ITDC) sebagai persiapan menjelang balapan di Mandalika dan IKN.

BACA JUGA:Menteri AHY Serahkan Sertifikat PTSL di Kaki Gunung Salak, Pastikan Kepastian Hukum untuk Masyarakat

BACA JUGA:Huawei Mate 40E 5G Ditenagai Chipset Kirin 990E Miliki Performa Mumpuni, Tugas Berat Jadi Enteng!

"Kami sudah menyampaikan banyak pesan terutama kepada Panitia HUT RI di IKN. Pada MotoGP Mandalika, dalam satu hari itu ada 23 penerbangan, jadi kami lihat dari kebutuhannya," tambahnya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) telah menyiapkan sebanyak 1.000 unit kendaraan roda empat untuk tamu undangan khususnya pada peringatan HUT RI ke-79 di IKN. Mobil-mobil tersebut disewa untuk memenuhi kebutuhan pergerakan tamu negara dan VVIP saat berada di IKN.

"Mobil telah disewa untuk tamu undangan dalam pelaksanaan HUT RI nanti. Kami dan Kemensetneg telah menandatangani nota kesepahaman pengadaan 1.000 unit mobil untuk perayaan kemerdekaan," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur, Damun Kiswanto, di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Damun menjelaskan bahwa dari permintaan pengadaan mobil dari Kemensetneg sebanyak 1.000 unit, sudah dibayar uang muka sebesar 50 persen dari nilai kontrak yang ada. DPD Asperda Kaltim harus menambah unit mobil dari luar daerah karena keterbatasan unit mobil rental di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Dinas Pertanahan dan Pemukiman Lacak Tapal Batas Banyuasin-Palembang, Hasilnya?

BACA JUGA:Seorang Ayah Tega Menyiksa Anaknya, Polisi Pun Sampai Ikut Nangis, Benarkah Gegara Nikah Muda?

Menurutnya, DPP Asperda Indonesia sudah sepakat memberikan dukungan dengan mengirimkan sejumlah unit mobil ke Kalimantan Timur untuk memenuhi permintaan Kemensetneg tersebut.

"Unit mobil didatangkan dari Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu, dan saat ini dalam perjalanan menuju Kalimantan Timur," kata Damun Kiswanto.

Ia menambahkan bahwa ada biaya pengiriman untuk satu unit mobil dari luar daerah Kalimantan Timur yang mencapai Rp 13 juta, sehingga diperkirakan akan terjadi lonjakan harga sewa mobil nantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: