Menteri AHY Serahkan Sertifikat PTSL di Kaki Gunung Salak, Pastikan Kepastian Hukum untuk Masyarakat

Menteri AHY Serahkan Sertifikat PTSL di Kaki Gunung Salak, Pastikan Kepastian Hukum untuk Masyarakat

Di kaki Gunung Salak, Menteri AHY menyapa masyarakat dan menyerahkan 15 sertifikat tanah hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).--

BOGOR, SUMEKS.CO - Setelah melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Bekasi pada Selasa 6 Agustus 2024, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), melanjutkan perjalanan ke Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Di kaki Gunung Salak ini, Menteri AHY menyapa masyarakat dan menyerahkan 15 sertifikat tanah hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Kementerian ATR/BPN ingin memastikan agar semua orang pada akhirnya memiliki sertifikat tanah yang sah dari negara karena hal ini memberikan kepastian hukum atas hak tanah," ujar Menteri AHY kepada warga setelah menyerahkan sertifikat tanah secara langsung.

Dengan adanya kepastian hukum atas tanah, masyarakat tidak perlu khawatir tanah mereka diserobot oleh pihak lain karena sudah memiliki bukti kepemilikan yang jelas.

BACA JUGA:Dinas Pertanahan dan Pemukiman Lacak Tapal Batas Banyuasin-Palembang, Hasilnya?

BACA JUGA:Seorang Ayah Tega Menyiksa Anaknya, Polisi Pun Sampai Ikut Nangis, Benarkah Gegara Nikah Muda?

"Jika sudah memiliki sertifikat, maka ada kepastian hukum. Tanah tidak mungkin lagi diserobot orang, jika terjadi langsung lapor," jelas Menteri AHY.

"Dengan sertifikat tanah, masyarakat akan hidup lebih tenang, serta sertifikat tersebut memiliki nilai ekonomi. Sertifikat bisa dijadikan jaminan untuk mendapatkan modal usaha, namun tentu harus digunakan secara bertanggung jawab dan dijaga dengan baik," tambah Menteri ATR/Kepala BPN.

Menteri AHY mengaku sengaja menyerahkan sertifikat tanah secara langsung untuk mendengarkan aspirasi masyarakat.

"Saya datang langsung untuk melihat kondisi masyarakat dan mendengar aspirasi warga di sini," tuturnya.

BACA JUGA:PTBA Kembangkan Inovasi Sosial Eco Agrotomation Lewat Sentra Ilmu

BACA JUGA:Ramalan Denny Darko Soal Timnas Indonesia di Piala Dunia 2026: Lolos dan Jadi Tim Raksasa Asia, Asalkan...

Mendampingi Menteri AHY dalam kunjungan kerja ini, hadir sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian ATR/BPN; serta Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Barat, Yuniar Hikmat Ginanjar beserta jajarannya. Turut hadir juga jajaran Forkopimda Kabupaten Bogor.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: