Menghidupkan Kembali Aksara Ulu, PAU Sumsel Gelar Kegiatan Workshop di SMPN 1 Lahat

Menghidupkan Kembali Aksara Ulu, PAU Sumsel Gelar Kegiatan Workshop di SMPN 1 Lahat

Kegiatan Workshop ini juga sekaligus menghadirkan pemateri Drs. Ahmad Rapanie Igama. M.Si, DR. Wahyu Rizky Andhifani. S.S.M.M. serta Nuzulur Ramadhona. M.Hum.--

Nuzulur Ramadhona atau disapa dengan dhona Ulu, Ketua perkumpulan Aksara Ulu mengutarakan, "Perkumpulan ini dibuat untuk menjadi wadah bagi generasi saat ini dalam mempelajari, melestarikan dan mengembangkan Aksara khas daerah Sumatera Selatan ini."

"Perkumpulan ini kami mulai giatkan melalui pelatihan rutin bulan bagi masyarakat yg mau belajar aksara ulu," sambungnya.

Perkumpulan ini begitu optimis meski masih sedikitnya minat generasi muda terhadap budaya tulis khas daerah sendiri, tidak menyurutkan bagi perkumpulan ini untuk tetap melestarikan Aksara Ulu. 

Berapa tahun terakhir ini, Aksara Ulu tidak hanya nampak di permukaan saja, sekarang tradisi tulis ini mulai perlahan naik dan melayang di udara dengan eloknya.

Sudah banyaknya generasi muda dan akademisi yang menjadikan Aksara Ulu sebagai objek penelitian, juga mulai adanya peraturan dan edaran seputar aksara ulu, serta mulai adanya pengembangan pada ekonomi kreatif yang di lakukan oleh pelaku dan perkumpulan aksara ulu. 

Salah satu ekonomi kreatif yang dirintis oleh PAU Sumsel yakni pembuatan name tag beraksara ulu ya g di cetus oleh dhona Ulu, Kaos baju beraksara ulu, dan batik Ulu dan ragam tekstil lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: