Semangat Persatuan, Jajaran Kemenkumham Sumsel Peringati Hari Lahir Pancasila

Semangat Persatuan, Jajaran Kemenkumham Sumsel Peringati Hari Lahir Pancasila

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Sabtu 1 Juni 2024.--

PALEMBANG, SUMEKS.COHari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2024 memang diperingati secara luas di Indonesia, termasuk oleh berbagai instansi pemerintah.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan juga turut memperingati hari penting ini.

Dengan tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045", Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Sabtu 1 Juni 2024.

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas I Palembang, Saverius Essau Gustaf Johannes selaku Inspektur Upacara. Peserta upacara yg hadir merupakan perwakilan Unit Pelaksana Teknis se-Kota Palembang yakni, Lapas Kelas I Palembang, LPKA Kelas I Palembang, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang, Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin, Rutan Kelas I Palembang, Bapas Kelas I Palembang , Rupbasan Kelas I Palembang.

Dalam amanatnya pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 Inspektur Upacara, Saverius Essau Gustaf Johannes, membacakan Pidato Sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

Pidato menyoroti isu-isu aktual yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila, serta memberikan arahan dan semangat kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus memperjuangkan dan mewujudkan cita-cita bangsa berdasarkan Pancasila.

“Tema kali ini mengandung arti bahwa Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” kata Saverius.

Dengan memahami Pancasila sebagai meja statis dan Leitstar dinamis, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat semakin menghargai dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta bersama-sama membangun bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Pancasila sebagai filter dalam mengakses informasi yang terus berkembang dalam kemajuan teknologi informasi, khususnya bagi kaum milenial dan Gen-Z, sangat relevan dengan kondisi saat ini.

Dalam era digital yang dipenuhi dengan berbagai informasi, baik positif maupun negatif, nilai-nilai Pancasila dapat menjadi panduan bagi generasi muda dalam memilih dan memilah informasi yang mereka terima.

Dengan menjadikan Pancasila sebagai filter, generasi muda dapat menjadi pengguna teknologi informasi yang bertanggung jawab, kritis, dan berkontribusi positif bagi pembangunan bangsa.

Ajakan Inspektur Upacara kepada seluruh peserta untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila, bekerja sama, dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan pesan yang sangat penting.

Melalui ajakan ini, Inspektur Upacara mengingatkan kita semua akan pentingnya menjaga dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

Dengan semangat gotong royong, kerukunan, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, kita dapat bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: