Sekda Sumsel Edward Candra Dorong BBLKM Jadi Laboratorium Kesehatan Masyarakat yang Berkualitas Tinggi

Sekda Sumsel Edward Candra Dorong BBLKM Jadi Laboratorium Kesehatan Masyarakat yang Berkualitas Tinggi

Pj Sekda Sumsel menghadiri kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 51 Balai Besar Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BBLKM)--

Pada kesempatan itu, Edward juga kembali mengingatkan  mengenai pentingnya peranan laboratorium dalam berbagai program dan Upaya Kesehatan. 

Dalam sejarah dunia, pandemi sudah terjadi beberapa kali. Belajar dari kejadian yang telah lalu bahwa pandemi bisa hadir kapan saja pada masa mendatang, maka dari itu diperlukan penguatan laboratorium dari semua aspek sehingga kesiapsiagaan terhadap bahaya Kesehatan di masa mendatang dapat segera diatasi dengan cepat dan terkendali. 

"Dirgahayu BBLKM Palembang “Collaborating In Harmony, Inspiring to Innovate”. Semoga  BBLKM Palembang  senantiasa  meraih  sukses  dalam  memberikan  pelayanan  kesehatan  yang  bermutu  kepada masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Sumatera Selatan," papar Edward. 

BACA JUGA:Sumsel Prioritaskan Keselamatan Kerja, Sekda Hadiri Pengukuhan DPD AK3L

BACA JUGA:Cuaca 17 Daerah di Sumsel 31 Juli 2024: Dominan Cerah Berawan, Suhu Stabil di Kisaran 22-33°C

Sementara itu secara virtual, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan pencegahan hepatitis penting untuk dilakukan dalam rangka meminimalisir dampaknya.

Menurutnya, Skrining juga perlu dilakukan agar penularan hepatitis ke anak dan populasi satu ke lainnya juga dapat ditanggulangi sekaligus dapat mengurangi dampak hepatitis kronis. 

"Saya mengapresiasi dalam HUT BBLKM Palembang diadakan skrining Hepatitis B di 5 provinsi secara serentak. Saya berharap BBLKM Palembang bisa terus menjalankan  skrining hepatitis seterusnya, " ungkapnya. 

Sebelumnya, Budi juga mengucapkan selamat HUT BBLKM Palembang. Ia berharap BBLKM Palembang terus menginspirasi pencegahan berbagai penyakit dan konsisten memberikan layanan terbaik. 

BACA JUGA:Ribuan Emak-Emak Sako Banjiri Halaman Kantor Camat Demi Senam Bareng Sekda Ratu Dewa

BACA JUGA:Dimas Pengacara Mulia, Tak Dibayar Bahkan Biayai Keluarga Korban dan Anak Yatim Dini Sera Meski Tak Kenal

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan launching/Rebranding Onelab dan Epinet lab. Dilanjutkan dengan Selebrasi Penghitungan skrinning pemeriksaan HbsAg memecahkan rekor MURI  mencapai 6212. 

Kemudian Penyerahan sertifikat MURI  dari MURI ke Sesditjen Kemenkes RI dr. Niken Wastu Palupi, MKM, Dirjen P2P  dr Yudhi Pramono, MARS, dan Kepala BBLKM PLG  dr.  Muhammad Budi Hidayat,  Mkes. 

Dari Dirjen P2P RI ke 5 Provinsi termasuk Sumsel.yang diterima oleh Pj Gubernur Provinsi Sumsel Elen Setiadi SH.M.SE yang diwakili Pj Sekda Sumsel Edward Candra, MH. 

Tampak hadir juga dalam kegiatan tersebut Dirjen P2P dr Yudhi Pramono, MARS, Sesditjen Kesmas dr. Niken Wastu Palupi,MKM, DirTakelkesmas dr. Then Suyanti, MM dan Dir P2PM dr Imran Prambudi, MPHM,  dan Kepala Dinkes Prov Sumsel dr. H. Trisnawarman, M.Kes, Sp.KKLP, Supsp.FOMC. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: