IKN Memulai Era Baru: Presiden Jokowi Lakukan Ngantor Perdana, Ini Agendanya!

IKN Memulai Era Baru: Presiden Jokowi Lakukan Ngantor Perdana, Ini Agendanya!

Ngantor pertama di IKN, ini giat Presiden Jokowi. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

BACA JUGA:Galaxy S23 FE Versus Galaxy A54, Sebaiknya Smartphone Mana yang Dipilih Customer?

Lanjut dia, selain fasilitas apron dan runway, Kementerian PUPR juga perlu memfasilitasi akses jalan dari Bandara VVIP menuju akses jalan provinsi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

"Yang jelas proses penyiapan lahan bagi pembangunan bandara, didukung penuh oleh pemerintah daerah setempat serta "stakeholder" utama Kementerian PUPR dalam pelaksanaan bandara dan operasional," bebernya.

Masih kata dia, terkait kesiapan bandara VVIP ini pihaknya berkoordinasi dengan teman-teman di Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan akses dari bandara VVIP menuju jalan provinsi yang kini digunakan. 

Seluruh proyek tersebut, kata Rachman, sangat bergantung pada situasi cuaca di lapangan pekerjaan agar menghindari kecacatan konstruksi.

BACA JUGA:Bandara VVIP IKN, Gerbang Baru Penerbangan di Ibu Kota Nusantara Siap Beroperasi Agustus

BACA JUGA:12 Tower Apartemen ASN di IKN Rampung, Siap Huni Juli 2024!

"Jadi, dari catatan apabila cuaca mendukung, karena kami harus pastikan struktur dari runway ini dalam kondisi yang sangat baik, tidak ada memberikan ruang untuk 'error' sedikitpun," katanya.

Dikatakannya, untuk setiap lapisan infrastruktur tengah diperhitungkan secara matang oleh tim konstruksi agar memastikan kekuatan dari struktur fasilitas itu sendiri.

"Kalau pesan Pak Menteri jangan berikan ruang sedikitpun untuk error, jangan ada margin error, kami harus sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan," ucapnya. 

Rachman menyebut, untuk teknis operasional bandara, menjadi tanggung jawab dari Kementerian Perhubungan sebagai operator.

BACA JUGA:Di Balik Malam Sejuk IKN, Ini Cerita Menhub yang Tinggal di Ibu Kota Negara

BACA JUGA:Langkah Nyata Membangun IKN: Para Menteri Mulai Berkantor di Ibu Kota Baru!

"Kalau operasional bandara, sudah pasti teman-teman perhubungan yang terkait erat operasional bandara nanti, kami siapkan operasional di Kementerian Perhubungan," jelasnya. 

Untuk diketahui pada pertengahan Juli 2024 kemarin untuk progres pembangunan Bandara VVIP Ibu kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur telah mencapai 60 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: