Presiden Jokowi Ngantor di IKN, Ada Apa?

Presiden Jokowi Ngantor di IKN, Ada Apa?

Presiden Jokowi ngantor di IKN, rencana 3 hari kedepan. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

"Alhamdulillah kita melihat dan melakukan pelaksanaan pemasangan bilah ke-4.650 yang menandai selesainya pembangunan garuda kita ini," kata Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN (OIKN) Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Pemasangan bilah ke-4.650 itu merupakan yang tertinggi (topping off) di Sayap Barat Selubung Garuda. Ini adalah merupakan bagian dari penyelesaian akhir gedung Kantor Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) IKN.

BACA JUGA:Ribuan Tamu Siap Hadiri Perayaan HUT ke-79 RI di IKN, Pengamanan Diperketat!

BACA JUGA:Bandara VVIP IKN, Gerbang Baru Penerbangan di Ibu Kota Nusantara Siap Beroperasi Agustus

Sebelumnya, pemasangan bilah pertama dilakukan pada 17 September 2023 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pemasangan bilah terakhir ini turut disaksikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Nyoman Nuarta yang merupakan perancang bilah-bilah tembaga pembentuk Sayap Garuda. 

Kepala Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga mengatakan, pembangunan gedung Kantor Presiden, istana, dan lapangan upacara di IKN sudah pada tahap penyelesaian akhir. 

Mengenai progres pembuatannya hingga kini telah lebih dari 90 persen.

"Sudah siap istana kan lapangan upacara, istana, kantor presiden udah sedang finishing halamannya sedang diaspal. Kemudian bagian luar, tanahnya, lansekapnya sedang ditanami. Kemudian kalau interior sama fasad sedang dikerjakan. Termasuk interior utama," terangnya. 

BACA JUGA:12 Tower Apartemen ASN di IKN Rampung, Siap Huni Juli 2024!

BACA JUGA:Di Balik Malam Sejuk IKN, Ini Cerita Menhub yang Tinggal di Ibu Kota Negara

Danis menegaskan, untuk Kantor Presiden diperkirakan akan selesai sepenuhnya pada bulan September atau Oktober mendatang.

Selain itu, sudah berhasil dilakukan running test pengaliran air dan kini tengah dilakukan. Air tersebut akan segera dialirkan ke kantor presiden dalam beberapa hari ke depan.

"Untuk airnya sudah sampai reservoir, lagi kita uji lagi untuk didistribusikan. Lagi persiapan untuk distribusi masuk ke kantor-kantor, ke gedung-gedung," bebernya.

Ini masih dilakukan beberapa proses untuk menjamin kualitas air minum yang baik. Yakni guna memastikan air sesuai standar kesehatan yang berlaku.

BACA JUGA:Fasilitas Air Minum di IKN Siap Mengalir! Mewujudkan Mimpi Ibu Kota Baru yang Sehat dan Ramah Lingkungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: