Siaga Darurat Karhutla, Kapolda Sumsel Periksa Perlengkapan Peralatan Pemadam Api

Siaga Darurat Karhutla, Kapolda Sumsel Periksa Perlengkapan Peralatan Pemadam Api

Kapolda Sumsel melakukan pengecekan perlengkapan peralatan, sarana prasarana yang akan dipergunakan untuk mengantisipasi dalam penanganan karhutla.-Foto: dokumen/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.COKapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo bersama beberapa Pejabat Utamanya melakukan pengecekan perlengkapan peralatan, sarana prasarana yang akan dipergunakan untuk mengantisipasi dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kendaraan pemadam api dan perlengkapan sarana prasarana penyemprot air yang dimiliki Dit Sabhara, Sat Brimob dan kendaraan pendukung dari Dit Krimsus digelar di halaman Mapolda Sumsel pada Kamis, sore 18 Juli 2024.

Kabid humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto mengatakan, Kapolda bersama para PJU melakukan pengecekan peralatan dan kesiapan Polda Sumsel untuk mengantisipasi dalam penanganan karhutla.

"Polda Sumsel merespon apa yang telah diterbitkan oleh Pemerintah Daerah, seperti kita ketahui tanggal 13 Juni 2024 yang lalu Pemerintah Daerah Sumsel telah menetapkan siaga darurat terkait karhutla," ujarnya.

BACA JUGA:Antisipasi Karhutla, Polsek Cengal Cek Embung dan Menara Api Perusahaan

BACA JUGA:Titik Api Karhutla Muncul di Sejumlah Wilayah, Polda Sumsel Gelar Kekuatan Personel dan Perlengkapan

Menurut Sunarto, Polda Sumsel juga melihat bahwa saat ini sudah memasuki kemarau walaupun ada selingan hujan dan memang sudah ada terjadi kebakaran di beberapa lokasi daerah seperti di Ogan Ilir dan Muratara.

"Polda Sumsel mempersiapkan diri, baik dari personel maupun peralatan seperti yang rekan-rekan lihat saat ini, ini untuk memastikan peralatan yang kita miliki ini berfungsi dengan baik dan siap untuk dipergunakan," terangnya.


Kapolda Sumsel melakukan pengecekan perlengkapan peralatan untuk mengantisipasi dalam penanganan karhutla.-Foto: dokumen/sumeks.co-

"Bapak Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rahmad Wibowo hari ini bersama beberapa PJU Polda Sumsel melakukan pengecekan peralatan untuk penanganan karhutla, dan kami menyadari bahwa peralatan yang kita punyai ini masih sangat kurang ya,” ujarnya.

Sunarto menambahkan, kesiapan lain yang direncanakan adalah, Polda Sumsel akan melaksanakan pelatihan personil baik dari Polda dan personel dari Polres jajaran yang nantinya akan diterjunkan ke lapangan.

BACA JUGA:MEMBARA! Ini Penampakan Kebakaran Lahan di Ogan Ilir, Satgas Karhutla Terpaksa Lakukan Penyekatan Api

BACA JUGA:Wanti-Wanti Hadapi Karhutla di Musim Kemarau, Kapolres Ogan Ilir Cek Kelayakan Peralatan

"Sebanyak 200 personel akan dilatih oleh tim dari Manggala Agni, dikarenakan memang merekalah yang memiliki kualifikasi di bidang tersebut," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: