Hasil Gelar Perkara, Polisi Sebut Napi Lapas Merah Mata yang Ditemukan Tergantung Ternyata Tewas Dibunuh

Hasil Gelar Perkara, Polisi Sebut Napi Lapas Merah Mata yang Ditemukan Tergantung Ternyata Tewas Dibunuh

Hasil gelar perkara yang dilakukan terhadap korban napi Lapas Klas I Merah Mata yang ditemukan tergantung tak bernyawa di dalam kamar ternyata tewas dibunuh.-Foto: dokumen/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Setelah dilakukan pemeriksaan dan gelar perkara yang dilakukan terhadap korban narapidana (Napi) Lapas Klas I Merah Mata yang ditemukan tergantung tak bernyawa di dalam kamar ternyata tewas dibunuh.

itu setelah pihak penyidik Polrestabes Palembang melakukan pemeriksaan terhdap lima orang yang tinggal sekamar dengan korban dan kasusnya sudah dinaikkan ke tahap penyidikan. 

Hal tersebut ditegaskan Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol DR Harryo Sugihhartono terkait ditemukannya korban dalam kondisi tergantung dan tewas di kamar mandi di Lapas Merah Mata Palembang.

Berkenaan hal ini, kata Harryo, dari hasil gelar perkara bahwa korban ini meninggal karena dibunuh ataupun korban pembunuhan. 

BACA JUGA:Napi Lapas Mata Merah Ditemukan Tewas Tergantung, Begini Tanggapan Kalapas

BACA JUGA:Napi Lapas Mata Merah Tewas Tergantung di Kamar Mandi, Begini Kata Kapolrestabes Palembang

"Dari hasil gelar perkara berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap kelima rekan korban ini, kita berkesimpulan bahwa korban tewas dibunuh. Sehingga kasusnya dinaikkan ke tahap penyidikan," terang Harryo Sabtu 19 Juli 2024 sore. 

"Dan untuk pelakunya sendiri sudah kita amankan dan hingga kini masih dalam pemeriksaan intensif penyidik. Yang pasti, korban meninggal bukan bunuh diri akan tetapi dibunuh. Lengkapnya, kita akan rilis pelakunya Sabtu, 20 Juli 2024 besok," pungkasnya. 

Sebelumnya, Kepala Lapas (Kalapas), Veri Johannes, Jumat 19 Juli 2024, mengatakan pihaknya tidak bisa memberikan kesimpulan penyebab kematian korban karena telah diserahkan kepada pihak penyidik dari Polrestabes Palembang untuk dilakukan pemeriksaan. 

"Kami hanya melakukan pemeriksaan terkait dengan keberadaan, kronologis, dan sampai menyerahkan kepada pihak kepolisian," katanya saat menangapi pertanyaan para awak media.

BACA JUGA:Forensik Sebut Kematian Napi di Lapas Merah Mata Belum Dipastikan Akibat Bunuh Diri

BACA JUGA:Napi Kasus Pembunuhan Pelajar Musi Rawas Ditemukan Tergantung Tak Bernyawa di Lapas Merah Mata

Masih kata dia, kejadian ini bukan suatu hal yang diakibatkan oleh kelalaian dalam melaksanakan tugas secara langsung. 

"Pengawasan terhadap warga binaan terus kita lakukan, walaupun kami memiliki keterbatasan dari jumlah petugas yang ada, kontrol kamar - kamar hunian tetap dilakukan oleh kami, namun demikian tentunya tidak bisa setiap saat kita lakukan tetapi itu jadian dari tugas yang harus dilaksanakan oleh teman di regu pengamanan kontrol," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: