Apakah Kostumer Perlu Terburu-buru  Membeli TV Pintar Resolusi 8K untuk Ruang Keluarga?

Apakah Kostumer Perlu Terburu-buru  Membeli TV Pintar Resolusi 8K untuk Ruang Keluarga?

TV resolusi 8K mengacu pada resolusi televisi atau kualitas ketajaman layar. Misalnya TV 8K memiliki lebar 7.680 baris dengan tinggi 4.320 baris untuk total 33 juta piksel. --

SUMEKS.CO - Pertama-tama, apa itu TV resolusi 8K? Itu mengacu pada resolusi televisi atau kualitas ketajaman layar. Misalnya TV 8K memiliki lebar 7.680 baris dengan tinggi 4.320 baris untuk total 33 juta piksel. 

Sementara TV resolusi 4K menampilkan lebar 3.840 baris dengan tinggi 2.160 baris untuk total sekitar 8 juta piksel, yang berarti bahwa 8K tidak hanya dua kali lebih bagus dari 4K, tetapi empat kali lebih bagus.

Singkatnya, semakin banyak piksel dalam layar, semakin banyak detail halus yang dapat ditampilkan. Apakah teknologi terbaru televisi ini layak untuk ruang keluarga?

Kecanggihan resolusi bukan satu-satunya bagian dari kualitas gambar, tetapi mungkin merupakan satu-satunya faktor terpenting. Jadi, TV 8K memiliki kemampuan untuk menampilkan tingkat detail yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya. 

BACA JUGA:Sony A80L OLED, TV Pintar yang Manjakan Penggemar Home Cinema dan Gamer

BACA JUGA:Samsung QN90B QLED 65 Inci, TV Pintar Resolusi 4K yang Memberi Gambar Cerah dan Memukau


Secara teknis, 8K jauh lebih baik daripada 4K, bahkan empat kali lipat seperti penjelasan di awal. Namun, untuk benar-benar melihat 4K, penonton harus duduk sejauh 10 kaki di depan layar 120 inci. --

Nah, untuk saat ini tayangan resolusi 8K belum banyak. Tidak ada konten siaran dan kabel sama sekali. Sementara 4K masih merupakan wilayah yang relatif langka di wilayah tersebut, jadi jangan berharap 8K memang belum banyak tayangan untuk resolusi itu. 

Dan sementara sebagian besar layanan streaming seperti Netflix, Disney+, Amazon Prime, dan Hulu memang memiliki konten 4K, tidak ada yang mengumumkan rencana untuk 8K, apalagi menerapkan rencana tersebut.

Lain halnya dengan YouTube dan Vimeo yang memang menyediakan video dalam resolusi 8K (sebenarnya mereka menyediakan konten dengan resolusi setinggi itu jauh sebelum ada layar yang dapat sepenuhnya menunjukkan keberadaan konten tersebut).

BACA JUGA:Rekomendasi TV untuk Bermain PlayStation 5 dengan Efek Visual yang Memukau dan Realistis

BACA JUGA:Samsung S95D OLED, TV Premium Anti-reflektif yang Menampilkan Detail Dramatis dengan Resolusi 4K

Namun demikian, beberapa judul pada konsol permainan video generasi terbaru memanfaatkan 8K, tetapi hanya itu saja yang akan Kostumer temukan di TV 8k saat ini.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa televisi terbaru akan memiliki teknologi yang mengambil konten yang bukan 8K dan meningkatkannya sehingga ada tingkat kualitas gambar yang lebih baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: