Meningkatkan Kualitas Permohonan Paten, Kanwil Kemenkumham Babel Buka Layanan Patent One Stop Service

Meningkatkan Kualitas Permohonan Paten, Kanwil Kemenkumham Babel Buka Layanan Patent One Stop Service

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto membuka Layanan Paten Terpadu atau Patent One Stop Service bagi Perguruan Tinggi/Lembaga Litbang/Pelaku Usaha di Provinsi Babel, Senin 1 Juli 2024.--

Koordinator Pemeriksaan DJKI, Dian Nurfitri dalam laporannya mengatakan, kegiatan Patent One Stop Service merupakan program unggulan Direktorat Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, dan Rahasia Dagang yang diselenggarakan di 33 Kantor Wilayah Kemenkumham.

Dian mengatakan, dengan adanya kegiatan Patent One Stop Service, maka diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang bisnis proses Direktorat Paten, DTLST dan RD dan meningkatkan jumlah permohonan paten.

BACA JUGA:Baru Kenal Online Sama Cowok Bule, Jangan Mau Langsung Diboyong ke Negaranya, Ini Alasannya?

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Bersinergi dengan Polri, Hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024

“Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan jumlah perlindungan paten, serta memiliki Peta wilayah layanan Direktorat Paten, DTLST dan RD,” ujar Dian.

Disampaikan Dian, konsep Patent One Stop Service yaitu melaksanakan pelayanan paten secara terpadu pada 33 Provinsi berupa pengenalan bisnis proses paten, asistensi patent drafting, fasilitasi pendaftaran paten, serta fasilitasi bimbingan teknis perbaikan spesifikasi paten.

Lalu dilakukan juga pencetakan sertifikat paten, fasilitasi pemeliharaan paten dan fasilitasi pelayanan hukum.

“Kegiatan tersebut diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari perwakilan Perguruan Tinggi, beberapa Litbang  dan Industri,” ujar Dian.

BACA JUGA:Konten Wanita Ini Bikin Stigma Negatif Wanita Berhijab, Miris Tobrut Malah Dieksploitasi Perempuan Juga

BACA JUGA:Polisi Beberkan Detik-Detik Pegawai Koperasi saat Dihabisi di Dalam Distro, Leher Korban Dijerat Tali Sling

Kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi Tata Cara Pendaftaran dan Prinsip Dasar Pelindungan Paten oleh Kepala Seksi Administrasi Permohonan Paten DJKI, Sonya Pau Adu, serta Pengelolaan Sistem Paten dan Teknik drafting oleh Pemeriksa Paten Ahli Utama, Ir. Dadan Samsudin.

Lalu Sistem Paten untuk Universitas, UMKM dan Industri di Jepang oleh Tenaga Ahli JICA, Oka Hiroyuki, Pentingnya Pemeliharaan bagi pemegang Paten oleh Analis Kebijakan Ahli Muda DJKI, Syahroni, serta Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Paten oleh Analis Hukum Ahli Pertama DJKI, Andrewnov.

Kemudian dilakukan juga Asistensi Penyelesaian/Drafting Paten oleh tim Direktorat Paten, DTLST, & RD di Ruang Rapat Kantor Wilayah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Fajar Sulaeman Taman, para Pejabat Struktural Kanwil Kemenkumham Babel, Pemeriksa Paten Ahli Utama pada Direktorat Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, dan Rahasia Dagang, Ketua Sentra HKI, serta para Inventor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: