Dorong Swasembada Daging, Ratusan Peternak Sapi di Bangka Belitug Sudah Rasakan Manfaat KUR Bank Sumsel Babel

Dorong Swasembada Daging, Ratusan Peternak Sapi di Bangka Belitug Sudah Rasakan Manfaat KUR Bank Sumsel Babel

Peternak Sapi di Bangka mendapatkan dana KUR dari Bank Sumsel Babel, jumat 28 Juni 2024.-foto sumeks.co-

BANGKA, SUMEKS.CO - Lebih dari 100 peternak sapi sudah merasakan manfaat menjadi mitra Bank Sumsel Babel. Tak hanya sekedar menyalurkan modal, Bank Sumsel Babel juga bekerja sama dengan pihak ketiga dan pemerintah untuk mendorong swasembada daging. 

Syaiful Amin (46 tahun) adalah salah satu petani, peternak dan dan penggemuk sapi di Desa Sumber Jaya Permai Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung.

"Dengan KUR Bank Sumsel Babel, kini saya sudah memiliki 7 sapi, dan sudah bisa renovasi rumah dan juga membeli sepeda motor untuk operasional," kata Syaiful Yamin, Jumat 28 Juni 2024.  

Ia mengatakan tim dokter turun langsung melakukan penyuluhan dan juga pihak ketiga siap menampung sapi jika sakit.  "Ada asuransi yang bikin tenang, sapi kalau sakit bisa dengan mudah koordinasi dengan pihak ketiga untuk dipotong," katanya. 

BACA JUGA:Dukung UMKM Muratara, Bank Sumsel Babel Hantarkan Binaannya Sukses Kembangkan Usaha Puding Kelapa DEGLA

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Mengucapkan Selamat dan Sukses Kepada H. Iwan Irawan dan Dwitri Kartini

Manfaat KUR Bank Sumsel Babel yang sama dirasakan juga oleh, Suaji Ahmad, ia mengatakan jerih payah sebanding dengan yang diperoleh. "Ikut KUR Bank Sumsel banyak manfaatnya, sehingga saat ini peternakan bisa berkembang," katanya.

Sementara itu, Darminto warga desa setempat juga mengaku sangat terbantu menjadi mitra KUR Bank Sumsel Babel. 

Berkat program ini dirinya terbantu bahkan mendapat berkah yang lain yakni dari kotoran dan urine sapi yang juga bisa dimanfaatkan.

"Sekitar 90 persen pupuk dari perkebunan sudah tidak menggunakan pupuk kimia, semua organic dari urine dan kotoran sapi," katanya. 

BACA JUGA:Bantu Pertumbuhan Ekonomi Syariah, BSB Kembali Beri Bantuan Mart Booth Container ke Masjid Darussaid

BACA JUGA:BSB Launching SIPD, Topang Digitalisasi Di Provinsi Sumsel dan Babel

Sekretaris perusahaan, Bank Sumsel Babel, Robi Hakim mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak ketiga untuk program penggemukan sapi. 

"Melalui program ini, diharapkan harga daging sapi di Bangka Belitung menjadi lebih terkendali, dan diharapkan dapat mewujudkan swasembada daging," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: