Pemindahan ASN ke IKN Dimulai September Usai HUT RI ke-79

Pemindahan ASN ke IKN Dimulai September Usai HUT RI ke-79

Usai Upacara HUT RI ke-79 pemindahan ASN ke IKN mulai September. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

SUMEKS.CO - Ibu Kota Negera (IKN) yang terletak Provinsi Kalimantan Timur untuk pembangunannya terus dilaksanakan. Apalagi di Agustus 2024 ini direncanakan akan dilaksanakan upacara HUT Republik Indonesia ke-79 disana.

Pembangunan di IKN terus berangsur-angsur selesai, sehingga pemerintah Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) optimistis pemindahan perdana aparatur sipil negara (ASN) dari Jakarta ke IKN di Kalimantan Timur, bisa dimulai pada September 2024 ini. 

"Kami optimistis untuk pemindahan awal ASN dimulai September 2024 nanti. Jadi ASN lebih awal pindah kesana menyambut di ibu kota baru ini," kata Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN Nusantara Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi dalam keterangan di Jakarta, Sabtu 22 Juni 2024.

Selain itu, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menegaskan pembangunan IKN sudah berjalan sesuai target. Per Kamis, 20 Juni kemarin, untuk progres pembangunan IKN sudah mencapai 84 persen.

BACA JUGA:Waduh! Promosi IKN Sia-sia, Investor Asing Ogah Melirik

BACA JUGA:Pembangunan IKN Dikebut Jelang Upacara HUT RI, Siap Jadi Tuan Rumah

Dijelaskan, untuk infrastruktur yang dibangun mencakup berbagai fasilitas penting seperti kompleks kantor pemerintahan dan perumahan, jaringan jalan, sistem air, listrik, telekomunikasi, serta terowongan multi-utility.

Selain itu lanjutnya, untuk proyek investasi swasta non-APBN yang dibangun sebagai fasilitas penunjang juga akan selesai. Ini mencakup pembangunan hotel, rumah sakit, sekolah, gudang, transportasi, dan lainnya.

"Kami yakin semua target dapat terselesaikan dan diharapkan semua target dapat terpenuhi," ujar Thomas.

Sebelumnya, pada Kamis, 20 Juni, OIKN bersama Komisi VII DPR meninjau progres pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan dan mengevaluasi kesiapan pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun ke-79 Indonesia di Kawasan Nusantara.

BACA JUGA:Pindah ke IKN, Fasilitas Lengkap dan Tunjangan Menggiurkan Menanti

BACA JUGA:Jaksa Ini Curhat Kritiknya Soal Kendaraan Dinas Kejaksaan Diduga Dipakai Buat Pacaran Tidak Bisa Dipidana

Menurut Thomas, PLN telah membangun infrastruktur ketenagalistrikan di IKN dengan konsep green, smart and beautiful.

Dimana PLN Nusantara Power tengah menyelesaikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 50 MW di IKN. Proyek ini berdiri di atas lahan seluas 80 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: