Pj Gubernur Agus Fatoni Hadiri Peluncuran Sistem Data Registrasi Sosial Ekonomi

Pj Gubernur Agus Fatoni Hadiri Peluncuran Sistem Data Registrasi Sosial Ekonomi

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni diwakili oleh Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumsel Regina Ariyanti menghadiri Peluncuran Kolaborasi Pemanfaatan Sistem Data Registrasi Sosial Ekonomi--

SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni diwakili Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumsel Regina Ariyanti menghadiri Peluncuran Kolaborasi Pemanfaatan Sistem Data Registrasi Sosial Ekonomi.

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia (RI), Jakarta, Kamis 20 Juni 2024.

Peresmian dilakukan langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa.

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Lantik Pj Walikota Palembang Ucok Abdul Rauf Damenta Gantikan Ratu Dewa

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Resmikan Gerakan Kurban Serentak se-Sumsel pada Momen Hari Raya Idul Adha 1445 H

Sistem Sata Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) merupakan basis data mengenai berbagai kondisi sosial, ekonomi, kemasyarakatan hingga kemiskinan di Indonesia ke dalam satu sistem data.

Suharso mengatakan Regsosek merupakan sistem pendataan kependudukan yang mencakup profil, kondisi sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan penduduk. 

"Data tersebut akan terhubung dengan data pada kementerian atau lembaga, dan juga dengan data pemerintah daerah hingga tingkat desa dan kelurahan," kata Suharso.

 BACA JUGA:Nobar Film Lafran, Pj Gubernur Sumsel Ajak Generasi Penerus Teladani Perjuangan Pahlawan Nasional

BACA JUGA:Ini 9 Gerakan Serentak Pj Gubernur Agus Fatoni Majukan Sumsel

Selanjutnya, dirinya juga mengatakan informasi yang dimiliki Regsosek akan memudahkan dalam mengidentifikasi para penerima manfaat atau kelompok penerimaan manfaat.

Melalui Regsosek akan dapat menganalisis kondisi rumah dan anggota rumah tangga sehingga dapat memastikan jenis jenis bantuan yang akan diberikan. 

"Dengan demikian akan memberikan dampak yang optimal bagi masyarakat baik secara individual maupun lingkungan untuk mencapai kesejahteraan," tukasnya.

BACA JUGA:Waspadai Inflasi Melambung Jelang Idul Adha 2024, PJ Gubernur Sumsel Ingatkan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: