Setelah Melaksanakan Puncak Haji Armuzna, Bus Shalawat Kembali Beroperasi Layani Jemaah Haji Indonesia

Setelah Melaksanakan Puncak Haji Armuzna, Bus Shalawat Kembali Beroperasi Layani Jemaah Haji Indonesia

Setelah melaksanakan Armuzna seluruh jemaah haji Indonesia telah meninggalkan Mina, PPIH mempersiapkan layanan transportasi di antaranya layanan bus shalawat--dok:Sumeks.co

SUMEKS.CO – Setelah melaksanakan Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina), seluruh jemaah haji Indonesia telah meninggalkan Mina setelah melakukan lontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah dan kembali ke hotel masing-masing di Makkah. 

Secara umum prosesi rangkaian puncak haji jemaah Indonesia di Arafah, Muzdalifah, dan Mina berjalan lancar. 

Bahkan, seluruh jemaah haji Indonesia sudah keluar dari Mina pada 13 Dzulhijjah 1445 Hijriah atau Kamis 20 Juni 2024 pukul 07.37 Waktu Arab Saudi (WAS), sebelum terik matahari.   

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan, setelah menyelesaikan fase mabit di Mina, jemaah akan melakukan tawaf Ifadhah dan Sai untuk menyelesaikan rangkaian haji. 

BACA JUGA:Resmi! Indonesia Dapat 221 Ribu Kuota Haji di Tahun 2025

BACA JUGA:Prosesi di Mina Usai, PPIH Minta Jemaah Pulihkan Fisik Sebelum Thawaf Ifadhah, Sai, dan Wada

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi kembali mempersiapkan layanan transportasi di antaranya layanan bus shalawat yang sempat berhenti sementara menjelang puncak haji Armuzna. 

“Bus shawalat nantinya akan kembali beroperasi  pada 14 Dzulhijah atau 20 Juni 2024 mulai pukul 00.30 WAS,” kata Widi dalam keterangan resmi Kemenag di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

PPIH telah menerbitkan edaran agar pelaksanaan tawaf dilakukan setelah jemaah  beristirahat untuk memulihkan  stamina fisik setelah prosesi Armuzna yang cukup menguras energi.

Dengan kembali beroperasinya bus shalawat, terang Widi jemaah haji Indonesia bisa memanfaatkan layanan bus shalawat untuk tawaf Ifadhah di Masjidil Haram dan ibadah-ibadah lainnya. 

BACA JUGA:Puncak Haji, Jemaah Nafar Awal Hari Ini Tinggalkan Mina Sebelum Matahari Terbenam

BACA JUGA:Besok Jemaah Haji Nafar Awal Kembali ke Hotel di Makkah

”Selain itu, PPIH juga menyiapkan petugas transportasi shalawat di setiap pos dan di terminal Syib Amir dan Jiad serta  pemasangan stiker tanda rute di terminal Syib Amir dan Jiad,” ujarnya. 

Untuk layanan kesehatan, ia melanjutkan, petugas melakukan pemulangan jemaah haji sembuh ke hotel masing-masing setelah sebelumnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: