Jelang Puncak Haji, 300 Jemaah Haji Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit

Jelang Puncak Haji, 300 Jemaah Haji Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit

PPIH tahun ini akan kembali menggelar safari wukuf bagi jemaah haji lansia non mandiri. --

SUMEKS.CO - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), tahun ini akan kembali menggelar safari wukuf bagi jemaah haji Indonesia lanjut usia (lansia) non mandiri. 

Sebanyak 300 jemaah haji lansia dan disabilitas non mandiri secara bertahap dipindahkan dari pemondokan di sektor menuju hotel transit di wilayah Aziziyah.

Safari Wukuf Jemaah Lansia dan Disablitas Non Mandiri tahun ini merupakan kali kedua. Pada 2023, ada 129 jemaah lansia dan disabilitas non mandiri yang mengikuti safari wukuf. 

Saat itu, ada lebih dari 9.000 yang didaftarkan, namun kuota yang tersedia hanya 129 orang. Tahun ini, kuota ditambah hingga 300 jemaah. 

Proses pelayanan safari wukuf lansia dan disabilitas non mandiri berlangsung dari 12-19 Juni 2024. 

BACA JUGA:Demi Keselamatan, MUI Sarankan Jemaah Haji Indonesia yang Lansia & Berisiko Tinggi Lebih Baik Ikut Skema Murur

BACA JUGA:Hari Ini, Seluruh Jemaah Haji Indonesia Sudah Berada di Tanah Suci Mekkah

"Sebagai persiapan, kami secara bertahap memindahkan jemaah haji lansia dan disabilitas non mandiri yang akan mengikuti safari wukuf ke hotel transit," papar Kepala Bidang Layanan Jemaah Lansia dan Disabilitas, Slamet Sodali di Mekkah, Kamis, 13 Juni 2024.

Menurutnya, hotel dipilih berlokasi di wilayah Aziziyah, agar dekat dengan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja Mekkah

"Kami sudah melakukan pendataan, ada 300 jemaah lansia dari 11 sektor pemondokan yang akan dipindahkan ke hotel transit untuk persiapan mengikuti safari wukuf," sambungnya.

Menurut Slamet, 300 jemaah lansia dan disabilitas diikutkan dalam safari wukuf setelah proses seleksi berdasarkan kriteria yang telah dirumuskan. 

Ada lima kriteria jemaah haji lansia dan disabilitas yang bisa mengikuti safari wukuf lansia non-mandiri, yaitu: 

BACA JUGA:Pahami Manasik, Jemaah Haji Wajib Patuhi dan Jangan Langgar Larangan Ihram

BACA JUGA:Besok, Pemberangkatan Jemaah Haji Indonesia Berakhir, Menag RI Sebut Secara Keseluruhan Berjalan Lancar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: