Normalisasi Sungai Gasing Sepanjang 2,9 Km Selesai, Banjir di Talang Kelapa Segera Teratasi

Normalisasi Sungai Gasing Sepanjang 2,9 Km Selesai, Banjir di Talang Kelapa Segera Teratasi

Normalisasi Sungai Gasing sepanjang 2,9 Km telah selesai dikerjakan.-Foto: dokumen/sumeks.co-

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Normalisasi Sungai Gasing sepanjang 2,9 Km telah selesai dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kabupaten BANYUASIN.

"Alhamdulilah telah selesai normalisasi," kata Penjabat Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam didampingi Apriansyah Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banyuasin.

Tentunya dengan selesainya giat normalisasi tersebut, tidak terjadi lagi banjir di wilayah Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin tepatnya di Kelurahan Tanah Mas hingga Kelurahan Sukajadi. "Ke depannya tidak lagi banjir," ujarnya.

Apalagi jika banjir melanda kecamatan Talang Kelapa tepatnya di Kelurahan Tanah Mas dan Sukajadi, ketinggian air mencapai 1 meter lebih beberapa pemukiman rumah warga. 

BACA JUGA:Pj Bupati Ajak Perusahaan Ikut Partisipasi Normalisasi Sungai Boom Berlian

BACA JUGA:Siap-siap Bebas Banjir! Normalisasi Sungai Gasing Dikebut, Ini Targetnya

Oleh sebab itu Pemkab Banyuasin melakukan normalisasi, sebagai bentuk kepedulian Pemkab Banyuasin kepada masyarakat.

Diakuinya beberapa waktu lalu dirinya telah meninjau secara langsung giat normalisasi itu di beberapa titik yaitu di Kelurahan Sukajadi, Komplek Mutiara Regency, titik kedua sekitar aliran sungai Kelurahan Tanah Mas dan di aliran Sungai Gasing, Komplek Al-Ghony, Kelurahan Tanah Mas Indah.

"Peninjauan itu agar pekerjaan dapat berjalan dengan tepat, akurat untuk kepentingan masyarakat Banyuasin terutama saat musim penghujan," terangnya.

Alhasil tidak ada lagi aliran sungai yang tersumbat setelah di bersihkan menggunakan alat amphibious. Kemudian dirinya mendapatkan informasi di Mutiara Regency, tepatnya di pinggir aliran sungai kelurahan Sukajadi, terkait adanya pengikisan dan kemiringan tekstur tanah.

BACA JUGA:Ratu Dewa Serahkan Bantuan Sembako dan Alat Bantu Pendengaran untuk Penyandang Disabilitas

BACA JUGA:Cegah Banjir dan Longsor, Pemkot Prabumulih Lakukan Normalisasi Sungai Kelekar hingga Pasang Talud

"Sudah saya instruksikan kepada instansi terkait untuk diatasi, dan itu harus diantisipasi. Hal itu terjadi karena sering digenangi air sungai saat hujan deras datang," ungkapnya.

Sementara itu, Apriansyah Kadis PUPR Banyuasin menambahkan normalisasi dilakukan untuk menanggulangi banjir di wilayah Kecamatan Talang Kelapa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: