Manten Tebu Tandai Buka Giling Tahun 2024 di PT SGN Pabrik Gula Cintamanis Ogan Ilir

Manten Tebu Tandai Buka Giling Tahun 2024 di PT SGN Pabrik Gula Cintamanis Ogan Ilir

PT SGN Pabrik Gula Cintamanis menjadwalkan, buka giling tahun 2024 akan dilakukan mulai 8 Juni 2024 mendatang. --

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Buka giling tahun 2024 yang dilakukan Pabrik Gula Cintamanis PT Sinergi Gula Nusantara, ditandai dengan prosesi manten tebu

Selain prosesi arak-arakan manten tebu, buka giling PT SGN Pabrik Gula juga ditandai dengan penekanan sirine oleh pejabat PT SGN dan Pemkab Ogan Ilir

Direktur Operasional PT SGN Pabrik Gula Cintamanis, Dodik Ristiawan mengungkapkan, tahun ini PT SGN Pabrik Gula Cintamanis menargetkan 45.000 ton.

Menurutnya, dalam swasembada gula di Indonesia, ada 16 pabrik gula yang sudah proses giling, sedangkan untuk PT SGN ada tiga pabrik gula.

"Yaitu di Jember, Madiun dan Ogan Ilir ini," ujarnya, usai acara peresmian buka giling di Pabrik Gula Cintamanis Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir

BACA JUGA:Warga Kecamatan Tanjung Batu Ogan Ilir Keluhkan Sisa Pembakaran Daun Tebu dari PTPN VII Cinta Manis

BACA JUGA:Berkali-Kali Bantah Dibakar, Kini Lahan Perkebunan PTPN VII Cinta Manis Disegel KLHK

Terkait Pabrik Gula Bunga Mayang, berdasarkan planning direncanakan 3 juta ton. Berdasarkan hasil tes capaian 99 persen, tetapi ini bentuk harmonisasi dan sinergitas bahwa antara onform dan autform memang harus punya harmonisasi.

"Tentunya hubungan baik dengan petani Bunga Mayang yang cukup banyak, kami akan melakukan start buka giling pada 8 Juni, mohon doa restunya semoga proses giling berjalan dengan baik dan lancar," kata dia.

Diterangkannya, sejak Oktober tahun 2021 PTPN Group telah melaksanakan skin off, salah satunya penggabungan seluruh Pabrik Gula.

Pada awalnya di bawah PTPN, menjadi satu identitas yang dibentuk menjadi PT SGN salah satunya di Pabrik Gula Cintamanis ini.

"Proses transisi dan penggabungannya tentu saja sampai hari ini masih dalam tahap penyempurnaan, kebunnya untuk Cintamanis ini HGU-nya masih dikelola oleh PTPN Pusat," terangnya.

BACA JUGA: Bupati Ogan Ilir Lakukan Pertemuan dengan Direksi PTPN VII di Lampung, Bahas Soal Tukar Guling Lahan Tanjung

BACA JUGA:PTPN VII Cinta Manis Inisiatif Perbaiki Jalan Menuju Desa Wisata Burai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: