Awal 2024 Populasi Sapi Capai 67.414 Ekor, Stok Hewan Kurban di OKU Timur Aman

Awal 2024 Populasi Sapi Capai 67.414 Ekor, Stok Hewan Kurban di OKU Timur Aman

Stok Hewan Kurban di OKU Timur Aman.--

OKU TIMUR, SUMEKS.CO - Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan, selaian dikenal dengan hasil pertanian, rupanya juga penghasil sapi terbanyak.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten OKU Timur Yuniharyanto, mengatakan OKU Timur saat ini tercatat sebagai lumbung sapi dengan populasi terbanyak.

"Awal 2024, populasi sapi di OKU Timur tercatat 67.414 ekor," Yuniharyanto, didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Untung Sutoyo, Rabu 24 April 2024.

Dikatanya, kebutuhan sapi khusus di Kabupaten OKU Timur sebanyak 7.000-8.000 per tahun. Sehingga dari jumlah populasi yang ada masih surplus hingga 60.000 ekor. 

BACA JUGA:Peringati Hari Bumi Sedunia, Telkomsel Ajak Pelanggan Jaga Bumi dengan Ciptakan Jejak Kebaikan

BACA JUGA:Dinilai Berkembang, Kecamatan Gandus Palembang Jadi Kawasan Incaran Pengembang, Begini Respon Camat

Sebenarnya, kata dia, populasi sapi di OKU Timur mengalami penurunan dibanding awal tahun 2023, Sebab pada tahun 2022 itu terjadi isu penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Sehingga banyak peternak yang beralih ke kambing, sehingga populasi kambing naik menjadi 70.383 ekor per awal 2024," katanya. 

Diakuinya peternak masyarakat di OKU Timur mencapai ribuan. Kemudian puluhan merupakan pemilihara sapi modern. Yang memiliki sapi hingga 20 ekor lebih. 

"Memang dari dulu masyarakat di OKU Timur memiliki sapi atau memelihara sapi," ungkapnya.

BACA JUGA:10 Kebiasaan Baik yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental, Yuk Terapkan!

BACA JUGA:Mobilitas Pelayanan! Kolaborasi Si Demang dan Si Lancar Mudahan Administrasi ke Tangan Masyarakat

Peternak modern ini selain memiliki julah sapi yang banyak, juga menggunakan pakan modern, seperti jenis konsentrat, onggok, ampas tahu, dedak dan sebagainya. Sementara peternak rakyat perorangan menggunakan pakan rumput. 

Dia mengatakan kebutuhan khsus hewan kurban di OKU Timur berkisar 1.000 ekor setiap Idul Adha. "Kita bisa jamin untuk kebutuhan hewan kubran di OKU Timur aman," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: