Tradisi Masoh Piring Desa Ulak Kerbau Lama Ogan Ilir, Turun Temurun Sejak Nenek Moyang Dilakukan Para Bujang

Tradisi Masoh Piring Desa Ulak Kerbau Lama Ogan Ilir, Turun Temurun Sejak Nenek Moyang Dilakukan Para Bujang

Para bujangan di Desa Ulak Kerbau Lama Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir, saat melakukan tradisi turun temurun dari nenek moyang yaitu masoh piring, Minggu, 21 April 2024.--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Masoh piring adalah nama salah satu tradisi, yang dimiliki warga Desa Ulak Kerbau Lama Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir.

Tradisi masoh piring ini, sudah ada sejak zaman dulu atau sudah turun temurun dari nenek moyang bagi masyarakat di Desa Ulak Kerbau Lama Kabupaten Ogan Ilir. 

Menurut salah seorang warga Desa Ulak Kerbau Lama, Fran, tradisi masoh piring ini dilakukan oleh para bujangan pada saat acara pernikahan

"Tradisi masoh piring ini, dilakukan oleh para bujangan mulai dari hari masak-masak atau H-3 hingga hari resepsi pernikahan," terangnya, Minggu, 21 April 2024.

Para bujangan yang melakukan masoh piring ini, biasanya para bujangan usia sekolah SMP hingga bujang-bujang dewasa yang ada di Desa Ulak Kerbau Lama. 

BACA JUGA:Jaguran, Tradisi Bangunkan Sahur Warga Desa Ulak Kerbau Lama Ogan Ilir

BACA JUGA:Pemkab Ogan Ilir Konsultasikan Kasus Kades Ulak Kerbau Baru ke Kemendagri, Apa Hasilnya?

"Terkadang ya anak-anak usia SMP itu bahkan terkadang ada yang ikuti tradisi masoh piring tersebut," jelasnya. 

Ditambahkan Fran, tradisi masoh piring ini adalah kegiatan mencuci piring yang dilakukan oleh para bujangan yang ada di Desa Ulak Kerbau Lama. 

"Tidak hanya piring yang dicuci, tapi perabotan masak-masak yang kotor juga terkadang ikut dicuci oleh para bujangan ini," paparnya.

Lantaran ini sudah merupakan sebuah tradisi di Desa Ulak Kerbau Lama, para bujangan yang ada di desa tersebut merasa sudah tidak malu lagi. 

Bahkan, pada saat acara resepsi pernikahan, terkadang para bujangan ini tidak membawa pasangan masing-masing lantaran mereka harus mencuci piring. 

BACA JUGA:Polemik Kades Ulak Kerbau Baru, Wabup Ogan Ilir Minta Warga Bersabar, Sebut Tim Sedang Bekerja

BACA JUGA:BPD Ulak Kerbau Baru Ogan Ilir, Gelar Rapat Diperluas Terkait Kasus Viral Sang Kades

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: