Waspadai Penyakit Gastrointensinal, Faskes di Kabupaten Muara Enim Stanby 24 Jam

Waspadai Penyakit Gastrointensinal, Faskes di Kabupaten Muara Enim Stanby 24 Jam

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Dr Eni Zatila.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Dimusim libur Lebaran Idul Fitri, di mana banyak hidangan lezat yang tersedia, menjaga pola makan sehat sangatlah penting untuk menghindari penyakit gastrointestinal atau gangguan pencernaan.

Meski begitu, kalaupun mengalami penyakit gastrointensinal dan harus mendapat perawatan medis, faskes di Kabupaten Muara Enim stanby 24 jam. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Dr Eni Zatila mengatakan bahwa di libur lebaran biasanya masyarakat tidak mengatur pola makan yang membuat potensi penyakit gastrointestinal semakin meningkat. 

"Itu (Gastrointensinal, red) penyakit gangguan pencernaan. Dimana biasanya karena mengkonsumsi makanan yang bersantan dan juga minuman bersoda, karena memang itu sajian khas lebaran. Namun kalau tidak dikontrol maka akan bahaya," ujar Eni, Minggu 14 April 2024.

BACA JUGA:50.000 Pengunjung Padati Lapas, Rutan dan LPKA Sumsel, Kasih Sayang Keluarga Memberi Harapan Baru

BACA JUGA:Simak Imbauan Pemkot Palembang untuk Mengatasi Banjir, Sampah Masih Menjadi Persoalan Besar

Untuk itu, kalau untuk mengatasinya harus siap sedia obat obatan dirumah sehingga bila terjasi pada malam hari atau jauh dari faskes bisa segera diobati agar tidak semakin parah.

"Yang paling benar ya mencegahnya, dengan mengontrol pola makan dan memperbanyak mengkonsumsi air putih," ungkapnya.

Namun, kalaupun memang kondisinya sudah parah dan harus mendapatkan penanganan medis maka silahkan datang ke fasilitas kesehatan terdekat. 

"Di Kabupaten Muara Enim ada 22 puskesamas dan 4 Rumah Sakit yang semuanya memiliki Unit Gawat Darurat (UGD) sehingga Stanby 24 jam dan siap melayani," bebernya. 

BACA JUGA:Heboh Pendeta Gilbert Diduga Lecehkan Islam, Sindir Zakat 2,5 Persen Hingga Ejek Cara Salat Dikecam Warganet

BACA JUGA:Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran Idulfitri 1445 H, Diprediksi 27.628 Kendaraan Melintas Ruas Tol Terpeka

Berkaitan dengan masa lebaran, selain fasilitas kesehatan yang ada,  Dinkes Muara Enim juga meminta seluruh bidan desa untuk standby untuk membantu persalinan warga yang akan melahirkan.

"Semua dokter juga standby on call dan siap dihubungi apabila dibutuhkan, jadi untuk masalah kesehatan mudah mudahan tidak ada kendala khususnya saat libur lebaran saat ini," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: