Simak Imbauan Pemkot Palembang untuk Mengatasi Banjir, Sampah Masih Menjadi Persoalan Besar

Simak Imbauan Pemkot Palembang untuk Mengatasi Banjir, Sampah Masih Menjadi Persoalan Besar

Simak Imbauan Pemkot Palembang Untuk Mengatasi Banjir--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas PUPR mengimbau masyarakat turut serta dalam mengatasi banjir.

Untuk mengatasi banjir bukan hanya peran serta Pemerintah saja, melainkan peran dari kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan juga penting dilakukan.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Irigasi dan Limbah (SDA IL) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ir RA Marlina Sylvia mengatakan bahwa saat ini curah hujan di Kota Palembang tinggi.

"Memang hujan di Palembang sangat deras tinggi belakangan hari terjadi. Maka dari itu kita bersama-sama wajib menjaga ruang air yang sudah ada," katanya kepada SUMEKS.CO pada Minggu 14 April 2024.

BACA JUGA:Saat Tinjau Banjir Ratu Dewa Dapat Laporan Warga Lampu Jalan Mati, Langsung Telepon Disperkimtan

BACA JUGA:Pulang dari Mudik, Ratu Dewa Langsung Tinjau Titik Banjir di Palembang

Dijelaskan Ir RA Marlina Sylvia, menjaga ruang air dengan cara jangan memperkecil saluran sungai dan mendirikan bangunan di sekitaran sungai.

"Masyarakat juga untuk berhati-hati mendirikan bangunan. Jangan sampai mendirikan bangunan di daerah bantaran sungai. Apalagi bantaran banjir pastinya akan terpengaruh," jelasnya.


Dijelaskan Ir RA Marlina Sylvia, menjaga ruang air dengan cara jangan memperkecil saluran sungai dan mendirikan bangunan di sekitaran sungai.--

Lanjut Ir RA Marlina Sylvia, persoalan sampah juga menjadi persoalan besar pada dampak banjir di Palembang.

"Apalagi saat sampah-sampah tersebut memblokir jalan air. Oleh karena itu mari kita buang sampah pada tempatnya," tutupnya.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Ungkap Biang Kerok yang Sebabkan Banjir di 13 Titik Jalan Utama

BACA JUGA:Waw! Banjir Setinggi Badan Orang Dewasa Rendam Rumah Warga di Kawasan Pipa Reja Palembang

Diberitakan sebelumnya, pulang dari mudik lebaran, Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa langsung meninjau titik banjir di beberapa titik.

Ratu Dewa meninjau banjir didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Air Irigasi dan Limbah (SDA IL) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ir RA Marlina Sylvia.

Meninjau dua lokasi di Griya Buana 2, Sukajaya Palembang dan Jalan Yayasan 2, Ilir Timur II pada Sabtu 13 April 2024 malam.

Hal ini dilakukan Ratu Dewa untuk sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lokasi dan masyarakat yang terdampak banjir akibat hujan deras beberapa hari lalu.

BACA JUGA:Lebaran Ketiga Palembang Dikepung Banjir! Warga Terjebak dan Kendaraan Banyak Mogok

BACA JUGA:Heboh Seorang Pria di Cianjur Banjir Hujatan Warganet, Usai Protes Suara Takbiran Berkumandang di Masjid

Mengenakan jaket hitam dan bersandal jepit, Ratu Dewa meninjau sekitar pukul 19.00 hingga 22.00 WIB di dua lokasi tersebut.

"Saya pulang dari mudik sore tadi begitu sampai langsung kesini. Melihat kondisi di berbagai titik banyak banjir dan juga laporan masyarakat langsung meninjau kesini," kata Ratu Dewa kepada awak media.

Dijelaskan Ratu Dewa, dua titik lokasi tersebut banjir dikarenakan curah hujan yang tinggi saat beberapa hari lalu.

"Untuk mengatasinya kita turunkan pompa air dan akan melakukan pembongkaran lagi," jelasnya.

BACA JUGA:Saat Tinjau Banjir Ratu Dewa Dapat Laporan Warga Lampu Jalan Mati, Langsung Telepon Disperkimtan

BACA JUGA:Pulang dari Mudik, Ratu Dewa Langsung Tinjau Titik Banjir di Palembang

Saat meninjau lokasi banjir, Ratu Dewa juga mendengarkan keluhan masyarakat sekitar.

"Memang masyarakat mengeluhkan di lingkungannya jika curah hujan tinggi langsung banjir. Karena lokasi ini banyak tempat menutup saluran air," ungkapnya.

Sementara, Ir RA Marlina Sylvia menjelaskan pihaknya akan melakukan pengerukan sesuai arahan Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa.

"Sesuai arahan Pak Wali, nanti kita akan melakukan pengerukan di Sungai Buah. Karena hilirnya di Jalan Yayasan 2 ke sana. Sementara di Griya Buana 2 hilirnya ke Sungai Sedapet akan menggunakan alat berat," jelasnya

BACA JUGA:Ratu Dewa Maju Pilkada Palembang 2024, Siapakah Pendampingnya?

BACA JUGA:Ratu Dewa Pastikan Siap Bertarung di Pilkada Palembang 2024, Alasannya Menyentuh Hati.

Ir RA Marlina Sylvia mengatakan, penyebab di Jalan Yayasan 2 banjir karena ada beberapa penyempitan saluran air.

"Tadi kita keruk ada penyempitan saluran air. Tadi warga minta dilakukan rekonstruksi. Karena ada pipa yang menghalangi jalan air, nanti akan di cek lebih lanjut lagi," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: