Disita Badan Karantina Indonesia, Kadal Eksotis Berharga Miliaran Rupiah Dititipkan ke Taman Safari Bogor

Disita Badan Karantina Indonesia, Kadal Eksotis Berharga Miliaran Rupiah Dititipkan ke Taman Safari Bogor

Serah terima satwa titipan Badan Karantina Indonesia kepada Taman Safari Bogor.--

BOGOR, SUMEKS.CO - Taman Safari Bogor menerima titipan satwa eksotis berharga miliaran rupiah dari Badan Karantina Indonesia (BKI).

Satwa sitaan berharga miliaran rupiah tersebut adalah jenis kadal endemik Australia spesies Tiliqua rugosa yang gagal diselundupkan masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta, Banten.

Serah terima penitipan satwa endemik Australia ini dilakukan secara simbolis oleh Kepala Badan Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan (BKHIT) Banten, Turhadi Noerachman kepada Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang dengan difasilitasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat. Acara dilaksanakan di area exhibit reptile Taman Safari Bogor, Jumat 5 April 2024.

Taman safari Indonesia sebagai salah satu lembaga konservasi bertaraf dunia turut berpartisipasi dalam penyelamatan satwa hasil sitaan Badan Karantina indonesia. Satwa sitaan tersebut adalah Tiliqua rugosa asal Australia.

BACA JUGA:Universitas Sriwijaya Mengucapkan Selamat Ulang Tahun SUMEKS.CO yang Ke-5

BACA JUGA: Pusri Berangkatkan Ratusan Pemudik Gratis, Begini Suasana Mudik Asik Bersama BUMN

Jika negara asal satwa membutuhkan satwa ini untuk keperluan konservasi, kami sangat terbuka untuk merepatriasi,” ungkap Vice President (VP) Life and Sains Taman Safari Indonesia, drh. Bongot Huaso Mulia., MSc.

Terpisah, Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang menegaskan komitmennya untuk turut berpartisipasi dalam penanganan satwa-satwa sitaan Badan Karantina Indonesia.

“Taman Safari Indonesia terus mendukung penuh program kerja pemerintah dalam upaya menekan perdagangan liar satwa-satwa yang dilindungi,” ungkap Jansen.


Taman Safari Bogor menerima titipan satwa eksotis berharga miliaran rupiah dari Badan Karantina Indonesia (BKI).--

Sekedar informasi, sebelumnya pada 9 Januari 2024, Polisi New South Wales menyita kadal senilai belasan miliar Rupiah. Hewan-hewan reptil itu rencananya akan diselundupkan ke Hong Kong.

BACA JUGA:Hp Android RAM Penyimpanan 20/512 GB, Bisa Dipakai Rekam Video Seharian Tanpa Jeda, Canggih Nggak Tuh?

BACA JUGA:Fatwa MUI Bandung: Periksa Gigi dan Mulut Saat Berpuasa Tidak Membatalkan Puasa

Dilansir dari CNN Selasa 9 Januari 2024, polisi di Australia membongkar jaringan penyelundup yang mencoba mengekspor kadal dan reptil asli senilai lebih dari AUD 1,2 juta (Rp 12,4 miliar) ke Hong Kong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: