Apa Hukum Orang Tua Ajarkan Anak Puasa Setengah Hari? Simak Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah

Apa Hukum Orang Tua Ajarkan Anak Puasa Setengah Hari? Simak Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah

Hukum Orang Tua Ajarkan Anak Puasa Setengah Hari, Simak Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah --

Ustaz Khalid mengakui bahwa tradisi ini telah menjadi bagian dari budaya turun-temurun di Indonesia, di mana banyak orang tua mengajarkan hal itu kepada anak-anak mereka. 

Namun, Ustaz Khalid Basalamah mempertanyakan praktik tersebut karena tidak ada ajaran Islam yang mendukungnya.

"Tradisi ini telah diturunkan secara turun-temurun bahwa tidak apa-apa jika anak berpuasa setengah hari saja. Namun, dari mana landasannya secara syariah? Di mana dalam kitab-kitab fiqih dijelaskan tentang puasa setengah hari? Tidak ada sama sekali," tutup Ustaz Khalid Basalamah.

BACA JUGA:Resep Ragit Jala, Makanan Khas Palembang, Menu Favorit Buka Puasa

BACA JUGA:RECOMMENDED! 4 Kreasi Olahan Ikan Anti Bosan, Cocok untuk Menu Sahur dan Buka Puasa

Sebagaimana diketahui bulan Ramadan merupakan bulan suci dalam agama Islam yang dipenuhi dengan praktik ibadah yang khusus, terutama puasa. 

Puasa Ramadan adalah salah satu dari lima rukun Islam dan merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang telah mencapai usia baligh dan dalam kondisi sehat mental serta fisik

Puasa Ramadan bukan sekadar menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Lebih dari itu, puasa merupakan kesempatan bagi umat Muslim untuk mendalami makna spiritual yang lebih dalam. 

Dalam puasa, umat Muslim berupaya mengendalikan hawa nafsu dan menjauhi segala bentuk perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

BACA JUGA:Bulan Puasa, Volume Sampah di OKI Meningkat 3-5 Ton Per Harinya

BACA JUGA:Masha Allah! Simak 10 Tips Produktif Berpuasa Ramadan Ala Anak Kos

Selain itu, puasa Ramadan juga merupakan waktu untuk meningkatkan ibadah, seperti membaca Al-Quran, berdoa, dan bersedekah. 

Dalam mencari kedekatan dengan Allah, umat Muslim juga diwajibkan menjalankan tarawih, salat sunnah yang dilakukan setelah salat Isya di bulan Ramadan.

Di samping aspek spiritual, Ramadan juga memupuk nilai-nilai keharmonisan dan solidaritas sosial. Banyak umat Muslim yang menjadikan bulan Ramadan sebagai kesempatan untuk bersilaturahmi, berbagi rezeki dengan sesama, serta menguatkan tali persaudaraan.

Setiap komunitas Muslim memiliki tradisi dan budaya tersendiri dalam menjalani Ramadan. Mulai dari hidangan sahur dan berbuka puasa yang khas, hingga kegiatan sosial dan keagamaan yang diadakan secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: