Upaya Menjaga Keamanan Lapas, Mesin X-Ray Kini Digunakan untuk Periksa Barang Bawaan Pengunjung

Upaya Menjaga Keamanan Lapas, Mesin X-Ray Kini Digunakan untuk Periksa Barang Bawaan Pengunjung

Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti kembali mengaktifkan penggunaan mesin X-Ray untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di Lapas.--

Kalapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti, Ronald Heru Praptama menjelaskan bahwa dengan adanya Mesin X Ray ini sangat membantu dalam proses pencegahan masuknya barang terlarang kedalam lapas.

“Sejak hari ini mesin  X-Ray telah kami aktifkan kembali untuk mengantisipasi masuknya barang terlarang ke dalam Lapas. Semua barang/makanan yang diterima melalui layanan penitipan barang/makanan akan diperiksa melalui mesin ini sebelum diberikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan, Kami berharap dengan penggunaan mesin tersebut dapat meningkatkan deteksi dini keamanan dan ketertiban di Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti. Mohon petugas P2U yang mengoperasikannya harus memiliki sikap tegas dan jujur dalam menjalankan mesin ini,” tegasnya.

Mesin X-Ray menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban di Lapas.

BACA JUGA:Berbahaya! Ini Deretan Kandungan Skincare yang Tak Boleh Dipakai Secara Bersamaan

BACA JUGA:4 Varian Wardah Moisturizer Gel Sesuai Kebutuhan Kulit yang Ampuh Jaga Skin Barrier di Bulan Puasa

Kalapas memang menyebutkan bahwa mesin X-Ray di Lapas sudah ada sejak lama, namun mengalami kerusakan sejak tahun 2020 dan baru diperbaiki di akhir tahun 2023.

Hal ini tentu saja menjadi hambatan dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas, karena pemeriksaan barang bawaan pengunjung tidak dapat dilakukan secara maksimal.

Kembalinya mesin X-Ray ke Lapas setelah dilakukan perawatan, perbaikan, dan pemeliharaan merupakan kabar baik bagi upaya menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas.

Dengan pemeriksaan barang bawaan pengunjung yang optimal, diharapkan risiko penyelundupan barang terlarang ke dalam Lapas dapat diminimalisir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: