Mengapa Nabi Muhammad Menganjurkan Konsumsi Kurma Jumlah Ganjil? Ini Jawabannya!

Mengapa Nabi Muhammad Menganjurkan Konsumsi Kurma Jumlah Ganjil? Ini Jawabannya!

Konsumsi Kurma Jumlah Ganjil.--

Rasulullah SAW selalu menganjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan jumlah ganjil, baik saat berbuka puasa ataupun hendak berangkat sholat Idulfitri. 

Dimana dalam hadits riwayat Imam Bukhari dan dikutip oleh At-Tabrizi (Muhammad bin Abdullah At-Tabrizi, Misykâtul Mashâbîh, Beirut, Al-Maktab Al-Islami, 1979), menyebutkan bahwa "Adalah Rasulullah shallallâhu 'alaihi wa sallama tidak pergi untuk melaksanakan shalat Idulfitri sampai beliau memakan beberapa butir kurma. Beliau memakannya ganjil. 

BACA JUGA:Masih Junub Saat Imsak Atau Setelah Azan Subuh, Emang Puasanya Sah? Begini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

BACA JUGA:Imam Bukhari: Ulama Cerdas Penjaga Hadits dari Asia Tengah, Berkah Ilmunya Terasa Hingga Ujung Kaspia

Nabi Muhammad SAW memang dikenal gemar mengonsumsi kurma ajwa, dan beliau menganjurkan umatnya untuk mengikutinya. Kurma ajwa memiliki banyak manfaat kesehatan.

Kurma jenis ini memiliki ciri khas bentuk yang kecil, berwarna gelap, dan tekstur yang lembut.

Kurma Ajwa memiliki nilai historis dan keagamaan yang tinggi dalam tradisi Islam. 

Rasulullah Muhammad SAW sangat merekomendasikan untuk mengonsumsi Kurma Ajwa karena memiliki banyak manfaat kesehatan dan keberkahan spiritual. 

Mengkonsumsi buah kurma, khususnya kurma ajwa, memiliki banyak manfaat kesehatan dan spiritual, termasuk menghindarkan seseorang dari racun dan sihir. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:

BACA JUGA:Ini Harga Adidas Samba Edisi Spesial Lionel Messi! Wajibkah Dimiliki?

BACA JUGA:5 Rekomendasi Produk Skincare Wardah untuk Kulit Kering dan Kusam, Wajah Tampak Bersinar dan Sehat

"Barangsiapa yang memakan tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu dia tidak akan terkena racun dan sihir." (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan makan kurma dalam jumlah ganjil dijelaskan dalam beberapa hadits shahih, termasuk hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:

"Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah itu Maha Esa, menyukai yang ganjil, maka bertakbirlah dengan bilangan ganjil." (HR. Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa Allah SWT menyukai segala sesuatu yang ganjil, termasuk dalam hal makanan. Makan kurma dalam jumlah ganjil diyakini dapat mendatangkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: