Musim Kemarau Datang Lebih Awal, Awas Waspadai Kekeringan Parah Tahun 2024

Musim Kemarau Datang Lebih Awal, Awas Waspadai Kekeringan Parah Tahun 2024

BMKG memprediksi Musim Kemarau akan datang lebih awal tahun 2024. Waspada kekeringan di sejumlah wilayah.-foto:doksumeksco-

SUMEKS.CO Badan Meterologi Klimatogi dan Geofisika (BMKG) merilis prediksi kemungkinan musim kemarau datang lebih awal di tahun 2024.

Gambaran tentang kondisi iklim 2024, khususnya Musim Kemarau 2024 akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia dengan tingkat kekeringan yang lebih parah.


Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami kekeringan parah tahun 2024.-foto:doksumeksco-

BMKG memprediksi pada April - Mei 2024 wilayah Indonesia bagian selatan akan mengalami peralihan dari musim musim hujan ke musim kemarau. 

"Hal ini menandakan wilayah tersebut mulai mengalami peralihan musim dari Bulan Maret ke April. Sehingga berpotensi mengalami kekeringan parah," kata Kepala BMKG Dwikora Karnawati  dalam saluran resmi Youtube yang diunggah Senin  5 Maret 2024.

BACA JUGA:WADUH! Sejumlah Wilayah di Indonesia, Kini Memasuki Musim Kemarau, Cek Lokasinya Disini!

Beberapa wilayah yang akan mengalami tingkat kekeringan yang parah karena secara iklim memiliki curah hujan yang rendah, seperti sebagian Lampung, SebagianJawa dan Bali, NTB dan NTT dan Papua bagian selatan.

BMKG juga menyampaikan jika puncak musim hujan telah berlalu di beberapa wilayah Indonesia. 

Khususnya wilayah Indonesia bagian selatan yang letaknya lebih dekat dengan benua Australia yang menjadi sumber terjadinya musim hujan. Angin monsun Australia yang membawa udara kering.

"Berdasarkan analisis dinamika udara BMKG diketahui bahwa saat ini merupakan puncaknya. Musim hujan telah berlalu di berbagai wilayah Indonesia, khususnya di Indonesia bagian selatan," kata Dwikorita.

BMKG memperkirakan pada bulan Maret akan mengalami puncak musim hujan, luas wilayah berkurang drastis dibandingkan bulan lalu, dengan hanya 36 ZOM (5,15 persen) pada puncak musim hujan bulan ini, yaitu 8 ZOM di Sumatera, 5. ZOM di Pulau Jawa, 4 ZOM di Kalimantan, 13 ZOM di Bali dan Nusa Tenggara, 4 ZOM di Sulawesi, dan 2 ZOM di Maluku dan Papua.

BACA JUGA:Musim Kemarau, 10 Makanan Ini yang Cocok Saat Cuaca Panas

Secara terpisah, Fachri Radjab, Direktur Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG, mengatakan bahwa saat ini banyak daerah di Indonesia yang sudah memasuki masa kemarau.

"Bisa dikatakan kita saat ini sedang berada pada puncak musim hujan tahun 2024 yaitu bulan Januari dan Februari," ujarnya. Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024 ditayangkan di YouTube pada Senin (2 Mei) oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: