Bahasa Komering Tak Mau Punah! Disdikbud OKU Timur Gelar Bimtek RBD

Bahasa Komering Tak Mau Punah! Disdikbud OKU Timur Gelar Bimtek RBD

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten OKU Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengajar Utama Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) 2024.--

OKU TIMUR, SUMEKS.CO - Dalam rangka melestarikan bahasa Komering, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten OKU Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengajar Utama Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) 2024.

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pengajar utama dalam upaya revitalisasi bahasa Komering.

Kegiatan bimtek ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 5 hingga 7 Maret 2024, bertempat di Aula Hotel Parai Tani Martapura.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur, Wakimin SPd MM, menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten OKU Timur sangat mendukung kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengajar Utama Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) 2024.

BACA JUGA:Persiraja v Malut United Berjuang Rebut Satu Tiket Promosi ke Liga 1 2024/2025, Siapa yang Lolos

BACA JUGA:Tim SAR Temukan Dua Penumpang Getek 'Cinta Pasti Kembali' yang Terbalik di Perairan Banyuasin, Begini Nasibnya

Wakimin mengatakan bahwa bahasa Komering merupakan salah satu kekayaan budaya yang perlu dilestarikan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten OKU Timur berkomitmen untuk mendukung upaya revitalisasi bahasa Komering.

"Disdikbud OKU Timur juga menyiapkan anggaran pendamping untuk menyukseskan RBD di Kabupaten OKU Timur ini," kata Wakimin, Senin 5 Maret 2024.

Wakimin menuturkan, tahun ini ada lima siswa yang akan diberangkatkan ke event FTBI Nasional.

BACA JUGA:Sejumlah Kendaraan Terjaring Operasi Keselamatan Musi 2024 Polres Ogan Ilir

BACA JUGA:Pemilihan Pengurus Baru, HMA Universitas Bina Darma Palembang Adakan Musyawarah Besar

"Dinas pendidikan akan menyiapkan secara baik peserta didik tersebut sehingga berkiprah dalam event nasional nantinya," ucapnya.

Pada kesempatan itu,Wakimin berpesan kepada peserta Bimtek yang asli suku Komering,  jika di rumah gunakanlah bahasa daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: