Saluran Pembuangan Bermasalah! Yuk Kenali Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan Tubuh

Saluran Pembuangan Bermasalah! Yuk Kenali Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman jarak memiliki nama latin ricinus communis, merupakan tanaman yang dapat tumbuh liar tanpa perawatan khusus.--dok : sumeks.co

Daun jarak juga merupakan obat alami yang dapat meningkatkan pergerakan otot usus, sehingga membuat tubuh dapat mudah mengeluarkan kotoran. 

Caranya dapat menggunakan minyak yang memiliki kandungan daun jarak yang dicampurkan pada makanan atau minuman. Atau rebus daun harak dengan air lalu minum air rebusan tersebut secukupnya.

BACA JUGA:Sering Dijadikan Olahan Buka Puasa, Intip 6 Manfaat Mengkonsumsi Labu Kuning untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Berikut 6 Manfaat Mengkonsumsi Biji Cempedak untuk Kesehatan Tubuh

3. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat daun jarak selanjutnya ialah dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal ini karena adanya sifat antiperadangan, yakni asam risinoleat. 

Kandungan asam risinoleat memberikan efek antiperadangan agar dapat mempercepat penyembuhan luka dan meredakan rasa nyeri pada luka. 

Namun pastikan tidak mengoleskan minyak jarak murni pada luka. Cukup menggunakan minyak oles khusus luka yang pastinya memiliki kandungan ekstrak daun jarak.

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Ini Manfaat Biji Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:PERCAYA GAK! Ternyata Buah Srikaya Berkhasiat untuk Kesehatan Mental, Bisa Cegah Depresi

4. Mengatasi pembengkakan tubuh

Daun jarak juga dapat mengatasi pembengkakan tubuh, berkat adanya kandungan antiradang dan antibakteri pada daun jarak.

Caranya cukup simpel yaitu dengan menumbuk beberapa daun jarak yang sudah tua lalu berikan sedikit garam, kemudian jika sudah halus oleskan ke bagian tubuh yang bengkak. Namun, perlu diingat, pasta ini tidak boleh dioleskan pada area luka. 

5. Melawan infeksi bakteri

Daun jarak memiliki kandungan senyawa  aktif thymol. Senyawa ini juga memiliki sifat  antibakteri yang katanya efektif untuk melawan bermacam-macam bakteri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: