Seiko 5 Sports GMT Field Street Telah Memperlihatkan Jam Tangan Bergaya Sporty untuk Treveler

Seiko 5 Sports GMT Field Street Telah Memperlihatkan Jam Tangan Bergaya Sporty untuk Treveler

--

SUMEKS.CO - Seiko sepertinya ingin memperluas jangkauan jam tangan Sport mereka yang diperuntukkan untuk para treveler.

Namun demikian, tentu saja Seiko akan memberikan pilihan tersebut dengan harga yang relatif terjangkau melalui Seiko 5 Sports GMT Field Street.

Seri Seiko 5 Sports ini terlihat mewah dengan membawa fitur mahal ala Swiss dan tersedia dalam baja tahan karat pada referensi SSK023K1.

Namun jika diperhatikan, fitur dan nuansa jam tangan Seiko ini mirip seperti jam tangan Tudor bahkan Grand Seiko.

BACA JUGA:Grand Seiko Merayakan Ulang Tahun ke-20 Mesin 9R dengan Merilis SBGE305 'Hotaka Summer'

Tapi tentu saja dua brand jam tangan super mahal tersebut punya nominal harga yang sangat tinggi, berbeda Seiko 5 Sports GMT Field Street yang lebih terjangkau.

Perlu diketahui juga bahwa seri SSK023K1 yang seluruhnya terbuat dari baja ini juga ternyata memiliki sedikit kemiripan dengan jam tangan Rolex Explorer II dengan jarum GMT oranye.

Nah, itulah sebabnya jam tangan ini sayang sekali untuk dilewatkan karena kesannya yang mirip seperti Tudor, Grand Seiko bahkan juga mirip Rolex Explorer II.

Dan tentu saja pilihan terjangkau ini masih dengan gengsi yang cukup tinggi sebab jam tangan Seiko bukanlah sebuah jam tangan yang bisa diragukan baik dari mesin atau pun dinilai dari sebuah brand.

BACA JUGA:Jam Tangan Seiko Astron Morning Star GPS Solar SSH145 dan SSJ021 Hadir untuk Merayakan Cahaya Pagi

Jam tangan ini juga tetap mempertahankan estetika yang terinspirasi dari militer, sekaligus menyertakan fitur GMT sebagai penunjuk jam tambahan yang menunjukkan zona waktu kedua.

Model baru dari Seiko 5 Sports GMT Field Street referensi SSK023K1 ini telah membangkitkan rasa familiar dengan dial jam bergaya outdoor ditambah indeks penanda 24 jam.

Tapi para pecinta Seiko mestinya tidak asing, bahwa desain dial jam tangan ini menerapkan desain lama yang telah menjadi bagian dari jajaran Seiko 5 selama beberapa dekade.

Hanya saja sekarang jam tangan ini telah mengadopsi gaya modern dan utilitarian, dengan penambahan fitur GMT, tapi tetap berangkat dari estetika yang terinspirasi desain vintage yang ditemukan pada model field seri SRPG35. 

BACA JUGA:Grand Seiko 44GS Hi-Beat 36000 SBGH345 Terinspirasi Matahari Pagi yang Jatuh Di Gunung Iwate

Desain dial pada Seiko 5 Sports SSK023K1 ini jelas lebih disukai oleh orang-orang yang tidak terlalu suka fitur berlebihan, sebab pada seri ini tidak lagi menampilkan fitur hari dalam seminggu, dengan dial jam yang hanya menampilkan tanggal.

Selain itu, estetika yang mendekati monokromatik menciptakan kontras yang sangat memuaskan dengan aksen oranye pada jarum detik dan GMT seolah mengingatkan pada kokpit jet tempur.

Dan sebagian informasi, sebetulnya model baru ini juga merupakan ciri khas model GMT entry-level Seiko yang paling mantap.

Jam tangan ini lebih tepat dideskripsikan sebagai jam tangan zona waktu ganda dengan jarum penunjuk 24 jam yang dapat disesuaikan secara independen karena begitu mudah untuk dioperasikan.

BACA JUGA:Abang Pilih yang Mana, Merah Muda atau Hijau Muda? Keindahan Grand Seiko SBGH341 dan SBGH343

Meskipun pengaturan zona waktu kedua pada jam ini memerlukan beberapa langkah tambahan, hal ini merupakan kompromi yang dapat diterima mengingat harganya yang hanya berkisar Rp5 jutaan saja.

Apalagi jika dibanding dengan jam tangan Tudor dan Grand Seiko yang memiliki harga relatif dari Rp30 - 100 jutaan ke atas.

Jika nominal Rp5 jutaan masih terbilang mahal, maka pendapatan tersebut sebetulnya masih dapat diterima, sebab memang harganya cenderung lebih mahal daripada model jam standar tanpa fitur GMT.

Tapi sekali, lagi fitur zona dua waktu yang disediakan oleh GMT pada jam tangan ini mestinya akan membenarkan harganya dan menjadikannya pilihan tepat bagi siapa pun yang mencari jam tangan perjalanan dengan anggaran terbatas.

BACA JUGA:Studio Ghibli Menginspirasi Seiko Presage SPB437 Melalui Film Nausicaa Of The Valley Of The Wind

Dan tidak boleh dilakukan bahwa GMT atau zona dua waktu dari Seiko ini lebih murah dari model GMT brand lainnya, sehingga memperluas koleksi Seiko 5 Sports yang terjangkau.

Bahkan lebih daripada itu, jam tangan ini sungguh tepat bagi traveler menginginkan desain Field Sports Style, sub-line yang terdiri dari jam tangan bergaya militer dengan desain bezel-less yang luar biasa.

Sebagian besar model outdoor menggunakan skala 24 jam tambahan yang menunjukkan waktu militer, tapi Seiko Seiko 5 Sports SSK023K1 kini menjadi lebih berguna dengan jarum GMT.

Keunggulan jam tangan ini tentu saja bukan hanya terletak pada desainnya saja yang mirip seperti jam mewah, tapi model ini juga mengadaptasi keindahannya sendiri.

BACA JUGA: Grand Seiko SBGX355 “Snowflake Quartz” Mengangkat Harga Diri Mesin Quartz di Kancah Jam Tangan Mewah

Keindahan tersebut misalnya pada dial jam hitam bertekstur dengan angka-angka yang bercahaya, juga jendela tanggal pada pukul tiga, dan bezel 24 jam yang keren.

Sedangkan jarum penunjuk detik dan jarum zona waktu kedua diberi warna oranye, itu betul-betul sentuhan yang ikonik dan terasa mahal.

Lebih daripada itu, seri ini telah mempertahankan ukuran yang lebih estetik, yaitu dengan diameter 39,4 mm dan ketebalan13,6 mm. 

Seiko 5 Sports SSK023K1 ini ditenagai mesin kaliber 4R34 yang dapat dinikmati keindahannya melalui casing belakang yang transparan. 

BACA JUGA: Mengungkapkan Ekspresi Seni Jepang yang Kuat Melalui Seiko Presage Sharp Edged Series Open Heart SPB417

Secara mekanis kaliber ini merupakan modifikasi langsung, kaliber 4R34 menggantikan tampilan hari dengan jarum penunjuk 24 jam dengan pergantian roda gir yang sederhana.

Tapi sekali lagi ditekankan bahwa jam ini bukan merupakan GMT yang sebenarnya, pengaturan zona waktu kedua memerlukan pengaturan waktu setempat terlebih dahulu, kemudian mendorong crown ke posisi pertama di mana jarum GMT dapat disesuaikan. 

Kemudian jarum GMT harus disetel ke waktu asal, sedangkan dengan memutar crown berlawanan arah jarum jam akan menyetel tanggal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: