Penyebab Insomnia yang Jarang Diketahui Orang, Tak Disangka Nomor 1 dan 3 Jadi Sebab Utama, Hati-hati!

Penyebab Insomnia yang Jarang Diketahui Orang, Tak Disangka Nomor 1 dan 3 Jadi Sebab Utama, Hati-hati!

Penyebab utama seseorang mengalami insomnia setiap malam--

BACA JUGA:Benarkah Mengkonsumsi Magnesium Dapat Mencegah Insomnia? Ini Faktanya

3. Minum Alkohol dan Merokok Menjelang Tidur Malam

Tidak hanya kopi, ternyata alkohol dan rokok juga berkaitan dengan tidur, karena ternyata bisa menjadi penyebab insomnia. Pasalnya, rokok terkandung nikotin yang bersifat stimulan dan dapat mengganggu tidur.

Sementara alkohol, memang bisa membuat tertidur. Akan tetapi, minuman ini mencegah tahap tidur jadi lebih nyenyak, sehingga jadi mudah terbangun pada tengah malam.

Selain itu, alkohol juga bersifat diuretik, yang bisa membuat buang air kecil lebih sering. Efek alkohol bisa mengganggu tidur di tengah malam, karena perlu bolak-balik ke kamar mandi.

BACA JUGA:Serai Bisa Mengatasi Insomnia dan Beberapa Gangguan Kesehatan , Bukan Sekedar Bumbu Dapur

4. Minum Kopi Menjelang Tidur Malam

Banyak orang menjadikan kopi sebagai obat untuk mengusir kantuk karena kopi mengandung zat kafein yang bersifat stimulan atau bisa meningkatkan kewaspadaan.

Meskipun, kopi sering menjadi penolong rasa kantuk di siang hari, namun mengonsumsinya di waktu yang salah bisa menjadi penyebab insomnia.

Efek stimulan pada kopi dapat muncul dalam waktu 15 menit setelah konsumsi, dan tubuh waktu sekitar 4-6 jam efeknya hilang dari tubuh.

BACA JUGA:6 Cara Alami Mengatasi Insomnia yang Perlu Dicoba

Oleh karena itu, tidak disarankan minum kopi di malam hari, apalagi menjelang tidur. Waktu terbaik minum kopi adalah di siang hari.

5. Makan Pada Malam Hari

Makan menjelang tidur menjadi salah satu contoh pola makan yang buruk. Terlebih, jika makanan yang dinikmati porsinya cukup banyak sehingga membuat perut menjadi kenyang.

Perut yang kenyang ini tidak membuat tidur dengan nyaman. Sebaliknya, makan langsung tidur bisa mempermudah asam lambung naik ke kerongkongan. Akibatnya, perut bisa terasa mulas atau ada sensasi panas pada dada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: