Apakah Game Konsol Seperti Playstation, Nintendo dan Xbox Akhirnya Berakhir di Tangan Internet?

Apakah Game Konsol Seperti Playstation, Nintendo dan Xbox Akhirnya Berakhir di Tangan Internet?

Konsul game Plasystation yang mulai ditinggalkan penggemar setelah kemajuan internet.--net

Popularitas Nintendo dan waralabanya akhirnya menang, membuat Sega menjadi pengembang dan penerbit pihak ketiga dan akhirnya menjalin hubungan dekat dengan Nintendo.

BACA JUGA:Wow Squid Game 2 Rilis Foto dan Teaser Singkat di Netflix, Resmi Tayang Tahun Ini

Berangkat dari itu kemudian Sony, salah satu perusahaan rekayasa teknologi dan media massa terkemuka di dunia, melihat peluang besar di dunia video game. 

Sony dan Nintendo sempat berkolaborasi dalam add-on berbasis disk untuk Super Nintendo, hingga akhirnya Proyek Super NES CD-ROM akhirnya dibatalkan. 

Tak puas dengan kegagalan, Sony berkumpul kembali dan mengembangkan konsol mereka sendiri, PlayStation, yang menjadi pesaing utama Nintendo 64 pada masanya.

Beranjak dari hal itu, Son melangkah lebih ambisius melalui PlayStation 2.

BACA JUGA:Tekken 8 Game Paling Ditunggu-tunggu Tahun 2024 di Xbox, Berikut 6 Bocoran Spesifikasinya

Mereka tidak hanya ingin menjadi pemimpin dalam industri video game, tetapi juga menjadi pusat media rumahan. PS2 membanggakan fitur-fitur baru seperti kemampuan memutar CD audio dan DVD.

Microsoft kemudian datang sebagai penantang yang tidak dapat dianggap remeh, raksasa teknologi komputer itu melihat PS2 sebagai ancaman bagi industri komputer, sehingga mereka bergabung dengan industri video game konsol dengan Xbox. 

Xbox diberi judul Halo: Combat Evolved , yang menjadi salah satu video game paling berpengaruh yang pernah dibuat dan tetap menjadi kekuatan pendorong kesuksesan keluarga konsol Xbox untuk generasi konsol yang akan datang. 

Namun demikian, PlayStation 2 telah mengalami sukses besar; hingga hari ini, konsol tersebut merupakan konsol dengan penjualan tertinggi sepanjang masa. 

BACA JUGA:6 Games Ice Breaking untuk Meningkatkan Mood di Kantor, Kamu Wajib Coba!

Tapi kemudian keadaan ini akan berubah pada generasi berikutnya. Nintendo mengembangkan Nintendo Wii, dengan permainan kontrol geraknya yang cocok untuk pemain dari segala usia dan latar belakang. 

Kesuksesan PlayStation 2 lain halnya dengan PlayStation 3, Sony membuat keputusan yang meragukan seperti harga awal yang terlalu tinggi dan prosesor Cell-nya, yang terbukti sulit untuk dikembangkan.

Hal ini justru membuka jalan bagi terciptanya generasi konsol yang paling memecah belah, dengan PlayStation berada di posisi ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: