Pare dapat Menurunkan Kadar Gula Darah, Benarkah? Begini Penjelasannya

Pare dapat Menurunkan Kadar Gula Darah, Benarkah? Begini Penjelasannya

Buah pare yang memiliki rasa pahit sering diolah menjadi masakan.--dok :sumeks.co

Pare Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah, Benarkah? Begini Penjelasannya

SUMEKS. CO - Pare merupakan jenis sayuran yang dikenal memiliki rasa yang pahit, tetapi dibalik rasa pahit ternyata Pare memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Disebutkan pare dapat menurunkan kadar gula? Namun benarkah pare dapat jadi obat menurunkan kadar gula dalam darah?

Pare yang dikenal merupakan jenis sayuran yang banyak tidak disukai lantaran memiliki rasa yang pahit, sedangkan pare memiliki kandungan kaya yang akan nutrisi.

BACA JUGA:Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Bikin Kadar Gula Darah Naik Lho! Nomer 5 Paling Sering Dilakukan

Oleh karena itu pare memiliki manfaat bagi kesehatan, namun apakah pare juga dapat menurunkan kadar gula, lihat fakta nya disini.

Pare memiliki nama latin yaitu Momordica charantia yang merupakan jenis tanaman merambat dan buah nya sering dijadikan sebagai bahan pangan.

Pare juga merupakan jenis tergolong dalam suku labu-labuan dan juga memiliki sebutan dibeberapa daerah yaitu paria, peria, atau pepareh.

Pare memiliki kandungan tinggi akan serat dan nutrisi vitamin, lalu apakah pare bisa menurunkan kadar gula? Oleh karena itu ada beberapa fakta mengenai manfaat pare bagi kesehatan. Diantaranya:

BACA JUGA:Jaga Kadar Gula Darah dan Kolesterol, Ini Tips Sehat Usai Menyantap Hidangan Natal Agar Tetap Aman

Apakah pare memiliki manfaat bisa menurunkan gula darah?

Jawabannya adalah iya, pare merupakan memiliki salah satu manfaat yang dikenal dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Hal ini dilansir dari beberapa sumber, bahwa pare memiliki kandungan senyawa yaitu polipeptida-P, dimana kandungan ini dapat bekerja seperti insulin untuk mengubah gula darah hingga menjadi energi pada sek tubuh.

Ada juga beberapa penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi pare mampu mengurangi kadar gula darah dan mampu menurunkan HbA1c pada penderita diabetes tipe 2.

BACA JUGA:Tips Jitu! Rebusan Daun Mangga Efektif Turunkan Kadar Gula Darah Mengindari Resiko Diabetes, Begini Caranya...

Mengkonsumsi pare juha dapat membantu sek tubuh untuk memanfaatkan glukosa, hingga memindahkan ke hati, otot, serta pada lemak.

Oleh karena itu pare terkenal memiliki manfaat dalam menurunkan kadar gula darah, karena memiliki senyawa yang bisa bertindak seperti insulin.

Namun meski begitu, hal ini masih perlu juga diteliti lebih dalam lagi karena ada beberapa pula studi yang menyatakan manfaat pare belum signifikan sebagai pengobatan diabetes.

Dilansir dari beberapa sumber, bahwa penelitian menunjukkan manfaat pare dapat menurunkan kadar gula darah yang bisa dirasakan dalam kurun waktu 30 menit setelah mengkonsumsi sayur pare tersebut.

BACA JUGA:Ini 6 Manfaat Buah Nangka, Nomor 1 Mengontrol Kadar Gula

Dan pare juha dapat menurunkan kadar gula karena dapat menurunkan kadar glukagon pada penderita diabetes.

Glukagon merupakan hormon protein yang dapat diproduksi sebagai pankreas untuk penyeimbang insulin.

Tidak hanya itu, individu dengan kadar gula darah yang tinggi juga perlu untuk mengatur pola makan, dan gaya hidup sehingga kadar gula darah.

Ada beberapa nutrisi yang terkandung dalam pare 53 kalori 5,5 gram karbohidrat 2,5 gram serat 1 gram protein 3,5 gram lemak.

BACA JUGA:3 Makanan Bikin Kulit Cepat Keriput, Nomor 1 Paling Digemari Anak Kost

Selain itu juga, pare juga memiliki sumber vitamin C yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan. Dan juga memiliki kandungan kayak tinggi antioksidan yang dapat mencegah Radikal bebas pada tubuh.

Nah pare memiliki tiga komponen bersifat antidiabetik atau yang berkaitan pada penurunan kadar gula dalam darah, yaitu charanti, polypeptide-p dan vicine.

Dilansir dari beberapa studi menyebutkan bahwa tiga komponen tersebut dapat bekerja sendiri maupun bersama untuk mengurangi kadar gula darah.

Pare dapat dikonsumsi sebagai jus, bisa dimakan langsung dan dapat dijadikan sebagai olahan makanan.

BACA JUGA:Sirsak dan Apel Bisa Turunkan Kadar Asam Urat, Benarkah? Cek Kebenarannya Disini

Tidak hanya bisa menurunkan kadar gula darah, penderita diabetes juga harus tetap menjaga pola makan dengan menghindari makanan dan minuman yang manis, menjalankan olahraga, dan gaya hidup sehat. Sehingga kadar gula darah tetap terkontrol.

Namun bukan hanya dapat menurunkan kadar gula, pare juga memiliki khasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan berat badan, mencegah kanker payudara, dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai apakah pare dapat menurunkan kadar gula darah. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: