Sosialisasi KIE dan Program Bangga Kencana di Desa Sungai Lari, Wujudkan Keluarga Berkualitas dan Sejahtera

Sosialisasi KIE dan Program Bangga Kencana di Desa Sungai Lari, Wujudkan Keluarga Berkualitas dan Sejahtera

Anggota DPR RI Irma Suryani SE MM mensosialisasikan seputar stunting, pencegahan hingga Keluarga Berencana, Sabtu 3 Januari 2024.--

LAHAT, SUMEKS.CO - Desa Sungai Lari, Kecamatan Kikim Tengah, Kabupaten Lahat menjadi tuan rumah kegiatan sosialisasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) dan program Bangga Kencana.

Dalam kesempatan itu, anggota DPR RI Irma Suryani SE MM mensosialisasikan seputar stunting, pencegahan hingga Keluarga Berencana, Sabtu 3 Januari 2024.

Dijelaskan Irma, stunting adalah gagal tumbuh kembang anak yang meliputi gagal pertumbuhan fisik juga otak pada 1000 bari kehidupan dikarenakan kekurangan gizi kronis

Untuk itu, perempuan berkacamata itu mengajak semua warga untuk menghindari stunting. "Karena stunting dapat dicegah," terangnya.

BACA JUGA:Tersulut Api Cemburu, Pria di Desa Pantai OKI Aniaya Mantan Pacar Istrinya

Salah-satu upaya pencegahan stunting sendiri, yakni selama hamil harus rajin makan-makanan yang bergizi seperti telur ayam dan lainnya.

"Harus rajin memeriksakan kehamilan ke Puskesmas, lingkungan bersih, air bersih dan setelah lahir harus rajin periksa ke Posyandu," terangnya.

Senada diungkap Widya Iswara Ahli Muda BKKBN Sumsel, Pratama Putri SIp MPd menambahkan, stunting adalah kondisi gagal tumbuh.

"Berarti tidak bisa tumbuh dan tidak optimal pertumbuhannya karena kekurangan gizi dalam waktu yang lama," sebutnya.

BACA JUGA:Kembali Torehkan Prestasi, Mahasiswa Universitas Bina Darma Berhasil Ikuti Program MSIB Batch 6 Tahun 2024

Adapun ciri-ciri stunting adalah pendek. Tinggi badan anak stunting lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak usia nya yang lain.

"Namun, pendek saja belum tentu stunting," sebutnya.

Ciri lain dari stunting, yakni perkembangan otaknya yang kurang maksimal.

Kades Desa Sungai Lari, Agus Sumantri mengucapkan terimakasih kepada anggota DPR RI komisi IX Irma Suryani beserta BKKBN yang telah datang menyambangi Desa nya guna melakukan sosialisasi stunting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: