Kecamatan Kalidoni Palembang Fokuskan Infrastruktur Pencegahan Banjir

Kecamatan Kalidoni Palembang Fokuskan Infrastruktur Pencegahan Banjir

Musrenbang tingkat Kecamatan Kalidoni tahun anggaran 2025 di Gedung Pertemuan Kecamatan Kalidoni Palembang, Senin 30 Januari 2024. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) pada Kecamatan Kalidoni PALEMBANG memfokuskan infrastruktur penceganan banjir. 

Hal itu diungkapkan Camat Kalidoni M Rama Cahya Putra saat Musrenbang tingkat Kecamatan Kalidoni tahun anggaran 2025 di Gedung Pertemuan Kecamatan Kalidoni Palembang pada Senin 30 Januari 2024.

"Untuk saat ini, kami fokus untuk memprioritaskan banjir dulu, hal ini dikarenakan kebetulan di Kecamatan Kalidoni sering mengalami banjir. Harapan warga paling tidak banjir ini cepat surut," ungkapnya. 

M Rama menjelaskan pihaknya menyadari bahwa kondisi tanah di Kecamatan Kalidoni ini cenderung rendah dan banyak rawa sehingga genangan air menjadi tak terhindarkan. 

BACA JUGA:Musrenbang Kecamatan Ditunda Setelah Pemilu, Ada Apa?

"Namun, dengan harapan kami tadi, sistem drainase yang baik dan penggunaan pompa berhasil mengatasi banjir di Kecamatan Kalidoni ini dengan cepat," jelasnya. 

Lebih lanjut, M Rama menambahkan bahwa Musrenbang tingkat Kecamatan tahun ini memiliki perbedaan sedikit dari tahun-tahun sebelumnya karena kita kini mengadopsi sistem SPPD RI, yang membuat semua aspirasi terpusat. 

Mulai 24 Januari 2024 kemarin, tidak dapat lagi melakukan input baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat Kota Palembang.

"Musrenbang ini benar-benar dilaksanakan mulai dari tingkat kelurahan. Selanjutnya, prioritas hanya dapat ditetapkan di tingkat kecamatan," tambahnya. 

BACA JUGA:Kadiv Administrasi Kemenkumham Sumsel Hadiri Musrenbang RKPD Provinsi Sumsel

Kendati itu, M Rama menyebutkan pihaknya telah menerima sekitar 490 usulan aspirasi hari ini dari 5 kelurahan di kecamatan Kalidoni. 

"Semoga melalui musrembang ini, harapan kita dapat tersampaikan dan dilaksanakan sesuai yang diinginkan," tutupnya. 

Sementara Kabid Perencanaan Ekososbud Bappeda Litbang Kota Palembang, Ir H Syuhada Adjiz Umar S Sos mengatakan bahwa Musrenbang sebagai momen bersama dalam proses perancanaan pembangunan Kota Palembang.

Musrenbang berfungsi sebagai platform untuk mengungkapkan aspirasi dari kelurahan, khususnya Kalidoni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: