Direktur Merek Apresiasi usulan 14 potensi Indikasi Geografis dari Bangka Belitung

Direktur Merek Apresiasi usulan 14 potensi  Indikasi Geografis dari Bangka Belitung

Direktur Merek dan Indikasi Geografis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham RI, Kurniaman Telaumbanua apresiasi usulan 14 potensi Indikasi Geografis dari Bangka Belitung.--

JAKARTA, SUMEKS.CO – Direktur Merek dan Indikasi Geografis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham RI, Kurniaman Telaumbanua apresiasi usulan 14 potensi  Indikasi Geografis dari Bangka Belitung.

Hal tersebut ia sampaikan pada kunjungan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto ke Direktorat Merek dan Indikasi Geografis, Senin 29 Januari 2024.

14 potensi  Indikasi Geografis di Provinsi Bangka Belitung tersebut yaitu, Tenun Cual, Madu Hutan Pelawan, Durian Namlung, Kopiah Resam, Teh Tayu Jebus, Belacan Habang, Nanas Bikang, Nanas Badau, Talas Belitung (Boeter), Gula Kabung, Jeruk Kunci, Kopi Gading Robusta, Kopi Liberika Baguk, serta Sukun Mentega.

Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Kurniaman Telaumbanua menyampaikan, saat ini terdapat 138 Indikasi Geografis yang terdaftar, 123 Indikasi Geografis dari dalam negeri dan 15 Indikasi Geografis dari luar negeri.

BACA JUGA:Diincar Banyak Klub Eropa, Pierre-Emile Putuskan untuk Tetap Stay Bela Tottenham Hotspur

Saat ini Bangka Belitung memiliki 2 Indikasi Geografis yang telah terdaftar, yaitu Lada Putih Muntok (Muntok White Pepper) dan Madu Teran Belitong Timur.

“Saat ini kami menargetkan agar setiap Kantor Wilayah bisa mendampingi Pemerintah Daerah untuk melahirkan satu produk yang terdaftar dalam Indikasi Geografis,” ujar Kurniaman.

Kurniaman menyampaikan, bahwa tantangan Indikasi Geografis saat ini adalah bagaimana mempertahankan kualitas atau pasca terdaftarnya indikasi geografis itu sendiri.

Penting untuk selalu menjaga kualitas dari produk yang telah terdaftar sebagai  Indikasi Geografis melalui SOP yang ketat, sehingga reputasi dari sebuah produk akan terus terjaga dengan baik.

BACA JUGA:7 Cara Kempeskan Jerawat Batu Sesuai Rekomendasi Dokter Ahli Kulit, Wajah Pulih Kembali Jadi Glowing Bercahaya

Tahun 2024 merupakan tahun tematik Indikasi Geografis, diharapkan  jumlah perlindungan Indikasi Geografis meningkat.

” Tapi yang tidak kalah penting adalah bagaimana kita menjaga kualitas, reputasi, dan karakteristik produk-produk yang sudah diberikan Indikasi Geografis,” harap Kurniaman.

Kurniaman menuturkan, pihaknya juga akan terus mendukung proses pendaftaran potensi indikasi geografis dari Bangka Belitung, maka segera diumumkan agar bisa dilakukan pemeriksaan substantif oleh tim ahli.

"Indikasi Geografis Teh Tayu Babel cukup menarik dan potensial, karena sampai saat ini baru 1 Indikasi Geografis berupa teh, yakni Teh Java Preanger," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: