42 Peserta Rebutkan Predikat Duta Lalu Lintas Kabupaten Ogan Ilir 2024

42 Peserta Rebutkan Predikat Duta Lalu Lintas Kabupaten Ogan Ilir 2024

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Andi Baso Rahman, menghadiri pemilihan Duta Lalu Lintas Kabupaten Ogan Ilir tahun 2024, di Aula Panaluan Mapolres Ogan Ilir, Selasa, 30 Januari 2024. Foto: dokumen/sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Sedikitnya 42 peserta yang terdiri dari siswa siswi SMA/SMK/MA, mengikuti pemilihan Duta Lalu Lintas Kabupaten Ogan Ilir tahun 2024.

Proses pemilihan Duta Lalu Lintas tingkat Kabupaten Ogan Ilir tahun 2024 ini, dipusatkan di Aula Panaluan Mapolres Ogan Ilir, Selasa, 30 Januari 2024.

Kasat Lantas Polres Ogan Ilir, AKP Nofrizal Dwiyanto mengatakan, untuk menentukan pemenang Duta Lalu Lintas Kabupaten Ogan Ilir tahun 2024, peserta harus mengikuti seleksi. 

Untuk seleksi ini dibagi menjadi dua tahap. Pertama, tes tertulis, dengan cara menjawab soal-soal yang diberikan oleh tim seleksi. Kemudian, tahap kedua, tes wawancara.

BACA JUGA:Empat Hari, 150 Pelajar SMA/SMK Bersaing Jadi Duta Lalu Lintas Digelar Sat Lantas Polrestabes Palembang

Untuk tes wawancara ini, melibatkan dewan juri Kasat Lantas Polres Ogan Ilir, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Ogan Ilir, serta Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporpa) Ogan Ilir.

Adapun yang menjadi penilaian dewan juri, yaitu, dari segi penampilan, visi dan misi, wawasan, serta bakat yang dimiliki masing-masing peserta yang merupakan pelajar di Ogan Ilir. 

"Kegiatan ini merupakan program dari Ditlantas untuk menjaring siswa yang unggul untuk menjadi Duta Lalu Lintas," ujarnya. 

Kasat Lantas menambahkan, tujuan dari pemilihan Duta Lalu Lintas ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin dalam berlalu lintas khususnya di kalangan pelajar di Kabupaten Ogan Ilir.

BACA JUGA:Junadhan Syapa Widyaksa dan Firdyah Firantika Terpilih Jadi Duta Lalu Lintas Ogan Ilir 2023

"Para pelajar ini nantinya akan menjadi agen keselamatan dan mengedukasi para generasi muda lainnya di Ogan Ilir ini untuk selalu tertib berlalu lintas," lanjutnya.

Duta Lalu Lintas putra dan putri bertugas membantu tugas-tugas Polisi Lalu Lintas dibidang pendidikan masyarakat tentang lalu lintas, dan menyampaikan pesan-pesan lalu lintas melalui pendekatan budaya dan kemasyarakatan sehingga masyarakat mudah menerimanya.

"Apalagi saat ini kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas masih minim, terbukti dari rekaman ETLE yang mencatat banyak sekali pelanggar lalu lintas di Ogan Ilir," pungkasnya. 

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kapolres Ogan Ilir, AKBP Andi Baso Rahman. Dalam kesempatan tersebut, Kapolres menekankan, kepada seluruh peserta hendaknya mampu memberikan penampilan terbaik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: