Pipa Minyak di PALI Kembali Pecah, Forum Tanah Abang Adukan ke SKK Migas

Pipa Minyak di PALI Kembali Pecah, Forum Tanah Abang Adukan ke SKK Migas

Pipa minyak milik Pertamina Adera di Desa Pengabuan, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pecah pada Jumat 26 Januari 2024 lalu. Foto: Heru/sumeks.co--

BACA JUGA:Pipa Minyak Bocor Cemari Anak Sungai, Pertamina Sigap Tangani Kendala Operasi Produksi

Apapun penyebab pipa itu pecah, dijelaskan Hendro bahwa pihak Pertamina Adera tetap telah melakukan pencemaran lingkungan, dan pihak perusahaan harus bertanggung jawab atas peristiwa itu serta mencari solusi secepatnya agar tidak terjadi hal serupa.

"Jika memang sering disabotase, maka pihak perusahaan harus meningkatkan penjagaan keamanan aset, kalau itu terjadi karena Pipeline korosif, maka solusinya harus ganti dengan yang baru," sebutnya.

Jangan dibiarkan saja kemudian terjadi lagi hal serupa, karena diakui Hendro Forum MTAB kerap mendengar alasan tanpa masuk akal dan berbelit-belit.

"Perusahaan selalu beralasan dirugikan atas kejadian pipa pecah, padahal itu kelalaian pihak Pertamina. Sementara warga hanya menanggung dampak dan tak pernah diberikan tali asih yang sesuai serta trauma juga rasa was-was menghantui warga," tegasnya lagi.

BACA JUGA:2 Warga Tertangkap Basah Security Curi Minyak Mentah dari Pipa Sumur di PALI

Sementara itu, pihak perusahaan PT Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Adera Field Pengabuan melalui Supertendent Adera HSSE OPS, Suharjono kepada wartawan menyatakan, bahwa penyebab bocor pipa akibat disabotase. 

"Kami sudah melaporkan kejadian itu ke Polsek Penukal Abab, dari ciri-ciri kebocoran pipeline tersebut di sabotase oknum tak bertanggung jawab," katanya.

Atas dampak yang dialami warga, Suharjono menyatakan itu bukan kesalahan pihak perusahaan. "Untuk membantu warga kami telah berikan makanan," katanya.(ebi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: