Tiga Kecamatan di Lahat Disapu Banjir, Waspada Banjir Susulan Lebih Dahsyat

Tiga Kecamatan di Lahat Disapu Banjir, Waspada Banjir Susulan Lebih Dahsyat

Banjir luapan sungai Ayek Lintang terjang tiga kecamatan di Lahat.--

LAHAT, SUMEKS.CO – Wilayah tiga Kecamatan, yakni Jarai, Pagar Bulan dan Sukamerindu, Kabupaten LAHAT, disapu banjir, Sabtu 27 Januari 2024.

Banjir yang telah merendam pemukiman warga Desa Ulak Bandung, Desa Pulau, Desa Gelung Sakti, Kecamatan Pajar Bulan, Desa Pelajaran, Desa Nanti Giri dan Desa Sadan Kecamatan Jarai, dan kawasan perkebunan Tanjung Agung, Kecamatan Sukamerindu, Kabupaten Lahat.

Banjir dahsyat itu berasal dari luapan Sungai Dengan, akibat tingginya curah hujan yang terus terjadi, hingga banjir susulan masih berpeluang terjadi. 

Air sudah masuk ke rumah-rumah warga dan jalan, dengan ketinggian air sekitar 70 cm, tapi tidak ada koran jiwa dalam bencana alam ini.

BACA JUGA:Bersama TNI, Polda Sumsel Evakuasi dan Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir di Pagaralam dan Lahat

Sedangkan rumah yang hanyut, sementara terdata hanya satu rumah milik Sudarman (45) di Desa Pulau.

Sedangkan hamparan sawah yang rusak di Desa Ulak Bandung, Gelung Sakti dan Desa Tanjung Agung yang belum terdata.

Jembatan penghubung desa Ulak Bandung dan Pulau, putus di terjang banjir. Diperkirakan puluhan rumah rusak akibat luapan sungai yang bermuara di Sungai Lematang tersebut.

Belum ada data kerugian yang dialami akibat bencana alam ini, meski rumah, jembatan, lahan pertanian telah rusak.

BACA JUGA:Banjir Terjang Sejumlah Wilayah di Kabupaten Lahat, Puluhan Rumah Terendam

“Personel Polsek Pajar Bulan dan Polsek Jarai bersama Koramil dan warga terus membantu mengevakuasi warga yang rumah sudah terendam, juga menyelamatkan barang dalam rumah,” kata Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S Sinaga SH SIK MH, didampingi Kasubsi Penmas Humas Aiptu Lispono SH. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: