Jangan Remehin Lagi Ya, Ini Loh 6 Penyebab Sepele Dosa Kecil yang Berubah Jadi Dosa Besar

Jangan Remehin Lagi Ya, Ini Loh 6 Penyebab Sepele Dosa Kecil yang Berubah Jadi Dosa Besar

Ilustrasi--net

BACA JUGA: Istimewanya Tanaman Zaitun, Identitas Masyarakat Palestina yang Disebutkan Dalam Al-Qur’an

Hal ini disebutkan dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabdanya :

"Setiap umatku diberi ‘afiat kecuali orang yang terang-terangan. Sesungguhnya yang termasuk terang-terangan ialah jika seseorang melakukan suatu amalan pada malam hari, kemudian tiba pagi hari, sementara Allah sudah menutup amalnya itu, lalu dia berkata : “Hai Fulan, semalam aku telah berbuat begini dan begini”. Padahal Allah tetap menutupi amal itu baginya, namun pagi harinya dia justru menyingkap tutupan Allah pada dirinya” HR. Bukhari dan Muslim.

6. Ditiru Banyak Orang   

Penyebab terakhir dosa kecil ketika menjadi dosa besar adalah karena dilakukan oleh publik figur atau orang terpandang sehingga ditiru oleh banyak orang. 

Hal ini dijelaskan dalam QS. Yasin : 12 yang artinya :

BACA JUGA:Sejarah Runtuhnya Peradaban Islam Spanyol di Granada, Negara Islam Terakhir Setelah 781 Tahun Berdiri

“Sesungguhnya Kamilah yang menghidupkan orang-orang yang mati dan Kami (pulalah) yang mencatat apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka (tinggalkan). Segla sesuatu Kami kumpulkan dalam kitab induk yang nyata (Lauh Mahfuz).”

Selain itu Rasulullah SAW pun bersabda :

“Barangsiapa yang mensunnahkan (mempelopori) satu sunnah yang baik, maka ia akan mendapat pahalanya dan pahala orang yang mengerjakannya hingga hari kiamat, dan barangsiapa yang mensunnahkan (mempelopori) satu sunnah yang buruk, maka ia menanggung dosanya dan dosa orang yang mengerjakannya hingga hari kiamat” HR. Ahmad.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: