Tips Merawat Rambut TetapSehat dan Mengembang Saat Udara Lembab Musim Hujan

Tips Merawat Rambut TetapSehat dan Mengembang Saat Udara Lembab Musim Hujan

Berbagai masalah rambut akan terjadi pada musim hujan sehingga butuh perwatan ekstra.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO – Pergantian tahun bertepatan dengan masuk musim hujan, sehingga udara menjadi lembab. Hal ini akan berpengaruh pada rambut.

Merawat rambut saat musim hujan berbeda dengan musim kemarau, karena beberapa faktor seperti kelembapan udara.

Udara yang lembab menjadikan akar rambut sensitif sehingga rentan terjadi kerusakan seperti bercabang, rontok, lepek dan berminyak.

Kondisi ini juga disebabkan karena molekul keratin yang ada pada rambut mendapati perubahan yang tidak dapat diduga.

BACA JUGA:Praktis! Berikut Ini 7 Cara Mudah Perawatan Rambut Bagi Pengguna Hijab untuk Menjaga Rambut Tetap Sehat

Rambut yang berubah dari terlihat segar hingga menjadi lepek diakibatkan kandungan air yang ada diudara masuk ke dalam rambut kering.

Udara lembab tidak hanya melunturkan make up saja namun akan merusak kondisi rambut, tidak mengembang serta kulit kepala menjadi tidak sehat

Tapi tidak perlu khawatir, berikut beberapa tips perawatan rambut pada musim hujan agar rambut tetap sehat :

1.    Menggunakan Hair Mask dan Keramas Secara Rutin

BACA JUGA:Mau Punya Rambut Panjang? Lakukan 8 Tips Ini Bikin Rambut Cepat Panjang dan Sehat

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk perawatan rambut saat musim hujan yaitu menggunakan hair mask dan keramas secara rutin.

Tidak hanya itu gunakan juga kondisioner setelah keramas karena sangat penting agar rambut tidak menjadi kaku dan bercabang.

Gunakan perawatan hair mask dan keramas tersebut secara rutin serta formula yang ada di dalam kandungan produk tersebut dapat membantu mengisi nutrisi pada rambut.

Didalam kemasan hair mask terdapat kandungan yang berisi vitamin E serta antioksidan sehingga dapat menguatkan rambut dan bisa membantu proses pertumbuhannya.

BACA JUGA:5 Manfaat Kopi untuk Menjaga Kecantikan Kulit dan Rambut Khusus Wanita

Lakukan keramas dua kali dalam satu minggu, waktunya bisa diselangkan selama 2 sampai 3 hari. Hal ini membuat rambut menjadi bersih dan pastikan setelah keramas rambut harus dikeringkan.

2.    Hindari Rambut dari Terkena Rintikan Hujan Secara Langsung

Sebelum pergi tidak hanya mementingkan penampilan make up saja namun perlu juga untuk melakukan perawatan rambut sehingga akan terlihat rapi dan bagus.

Kulit kepala juga perlu perlindungan sehingga akan terhindar dari kerusakan parah yang tidak diinginkan seperti rambut menjadi lepek dikarenakan rintikan hujan.

BACA JUGA:Rambut Anda Mudah Patah, Rawat dengan Bahan Alami Berikut

Rambut yang lemas diakibatkan terkena rintikan hujan secara langsung dan terjadi secara terus menerus dalam waktu lama akan merusak penampilan.

Gunakan payung atau topi saat keluar rumah menuju kendaraan agar rambut dan kulit kepala terlindungi serta terjaga dari terkenanya rintikan hujan.

3.    Menggunakan Alat Styling Rambut

Saat musim hujan yang mengakibatkan udara menjadi lembab sehingga membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk membuat rambut menjadi kering.

BACA JUGA:Saat Hamil Makan Kacang Hijau Membuat Rambut Bayi Lebat, Benarkah?

Karena itu memerlukan alat styling rambut seperti hairdryer agar proses pengeringan rambut menjadi sedikit lebih cepat serta hal ini sangat membantu disaat sedang terburu – buru.

Namun agar rambut tidak menjadi rusak sehingga bercabang, atur dulu alat styling hairdryer dengan memakai suhu yang paling rendah.

4.   Gunakan minyak herbal untuk memijat kepala

Musim hujan terkadang membuat kepala menjadi gatal, masalah rambut ini menjadi hal yang cukup umum untuk ditemukan.

BACA JUGA:Masih Ada Shampo Dove di Kamar Mandi Kamu? Cepat Buang Karena Bisa Picu Kanker

Karena kulit kepala gatal dapat menyebabkan iritasi sehingga membuatnya tidak nyaman dan sangat terganggu dengan keadaan tersebut.

Gunakan minyak kelapa hangat sebagai obat herbal lalu pijat kepala untuk menghilangkan rasa gatal yang mengganggu, hal ini merupakan cara yang bagus sehingga dapat mengatasi masalah tersebut.

Pijat kulit kepala menggunakan minyak kelapa lebih baik dilakukan beberapa jam sebelum keramas dan lebih bagus lagi saat malam hari.

Melakukan pijat kepala menggunakan minyak kelapa tidak hanya untuk menghilangkan rasa gatal saja, namun dapat meningkatkan pertumbuhan pada rambut.

BACA JUGA:Mitos Atau Fakta Bulu Kucing Bisa Sebabkan Mandul, Ini Penjelasan Medisnya

5.   Menjaga Rambut Tetap Lembab Agar Tidak Rapuh

Saat musim hujan salah satu cara terbaik untuk merawat rambut adalah menjaganya agar tetap lembab sehingga menjadi tidak rapuh.

Perawatan rambut yang penting yaitu melapisinya dengan produk terbaik sehingga dapat terlindungi dari cuaca dingin dan lembab.

BACA JUGA: Rontokan Bulu Ketiak Secepat Kilat Tanpa Rasa Sakit, Ini Rahasianya

Perwatan lain yang disarankan juga adalah melakukan rejimen, hal ini sangat penting untuk menjaga rambut terhindar dari kerusakan dan dehidrasi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: