Pers Sedang Tidak Baik-Baik Saja, Direktur UKW PWI: Kompetensi Wartawan Jadi 'Harga Mati'

Pers Sedang Tidak Baik-Baik Saja, Direktur UKW PWI: Kompetensi Wartawan Jadi 'Harga Mati'

Perangi berita hoax melalui UKW menjadi salah satu poin dari diskusi refleksi Out Look Pers di Sumsel Sabtu malam 31 Desember 2023.-foto:doksumeksco-

"Pernah waktu itu, saya diberitakan membawa kotak suara di kamar hotel, dan tanpa konfirmasi berita itu viral dam heboh. Tentu saja saya secara pribadi terganggu karena tidak sesuai fakta," kenangannya.

Setelah melalui pembuktian, akhirnya berita tersebut baru dinyatakan hoax alias tidak sesuai fakta.

"Dan saya sependapat, jika wartawan harus melalui UKW, sehingga berita yang ditayangkan sesuai dengan kode etik ,"tuturnya.

Senada diungkapkan Ketua Umum Gencar Charma Aprianto menyayangkan berita-berita hoax yang bisa turun begitu saja tanpa ada konfirmasi. 

BACA JUGA:Jelang Konferprov Pergantian Kepengurusan PWI Sumsel Periode 2019-2024, Pj Gubernur Sumsel Sampaikan Pesan Ini

Dirinya juga sempat mengalami pengalaman yang sangat merugikan. ''Beberapa isu dilemparkan begitu saja. yang menyerang integritas saya tentunya.''

Diakhir diskusi, bakal calon Wali Kota Palembang itu, siap memberikan dukungan penuh terhadap peningkatakn kualitas dan SDM wartawan.

''Harga mati ya, wartawan harus bekerja secara profesionalisme. Salah satu salurannya ya harus ikut UKW, sehingga berita yang ditayangkan sesuai dengan kode etik,"tandasnya.(*)

BACA JUGA:Pers Sedang Tidak Baik-Baik Saja, Direktur UKW PWI: Kompetensi Wartawan Jadi 'Harga Mati'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: