Pencetakan Al Quran Pertama di Asia Tenggara! Ternyata Ada di Palembang Sejak 1848 Masehi

Pencetakan Al Quran Pertama di Asia Tenggara! Ternyata Ada di Palembang Sejak 1848 Masehi

Ilustrasi--net

SUMEKS.CO - Al-Qur’an Jayaleksana Palembang ternyata sudah berusia dua abad, merujuk pada jurnal  Tijdschrift voor Indische Tall-, Land-en Volkenkunde (TGB) 

Jurnal tersebut merupakan karya Hermann Von de Wall (1807-1873) berjudul  Eene Inlandsche Drukkerij te Palembang (Sebuah Percetakan Bumiputra di Palembang) 

Namun demikian, meskipun artikel ini sangat ringkas, berkisar hanya enam halaman, namun hingga saat ini tetap menjadi rujukan utama mengenai sumber data percetakan Al-Qur’an di Palembang.

Lebih rinci pembahasan mengenai siapa tokoh yang mencetak Al-Qur’an pertama kali di Palembang? Menurut penggiat literasi Palembang, Ahmad Subhan pada Pekan Pustaka Palembang V mengatakan "Kemas Muhammad Azhari adalah tokoh yang pertama kali mencetak Al-Qur’an, bukan hanya di Palembang melainkan di Nusantara, bahkan se-Asia Tenggara."

BACA JUGA:Kisah Cinta Paling Senyap Namun Riuh Dalam Doa, Ali bin Abi Thalib dengan Fatimah Az-Zahra

Siapa tokoh Kemas Muhammad Azhari tersebut? Kemas Muhammad Azhari sendiri lahir dan dibesarkan di Palembang, dia asli orang Palembang. 

Kemudian Kemas Muhammad Azhari bermukim selama bertahun-tahun ke Mekah untuk menuntut ilmu, yaitu saat masih berusia 15 tahun. 

Seusai Kemas Muhammad Azhari menamatkan pendidikan pada jenjang Madrasah Aliyah di Mekah, beliau melanjutkan pendidikan ke Madinah hingga Mesir.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Kemas Muhammad Azhari adalah ulama Palembang yang telah menimba ilmu di Timur Tengah.

BACA JUGA:Si Penulis Wahyu Kepercayaan Rasulullah SAW, Zaid bin Tsabit Sahabat Muda yang Memiliki Kecerdasan Luar Biasa

Aktivitas yang patut disoroti adalah pada masa dirinya masih menimba ilmu, Kemas Muhammad Azhari juga belajar menjadi penyalin Al-Qur’an.

Hingga pada akhirnya setelah berkelana untuk menimba Ilmu ia pun kembali ke Mekkah dan menjadi guru madrasah di sana.

Dikatakan bahwa Kemas Muhammad Azhari adalah sosok yang pertama mencetak Al-Qur'an di Palembang, bahkan se-Asia-Tenggara.

Namun perlu diperhatikan juga, bahwasanya percetakan Al-Qur'an tersebut tidak akan berjalan lancar apabila tidak mendapatkan dukungan dari pejabat setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: