Terkini, Yuk Bersemangat Laksanakan Amalan Sunnah di Bulan Rajab, Raih Pahala Berlipat Ganda

Terkini, Yuk Bersemangat Laksanakan Amalan Sunnah di Bulan Rajab, Raih Pahala Berlipat Ganda

Ilustrasi--dok : sumeks.co

BACA JUGA: Amalan Sunnah di Hari Jumat, Berpeluang Dapat Cahaya di Hari Kiamat dan Ampunan Dosa

Bulan rajab juga dinamakan dengan bulan rajam yang berarti melempar. Dinamakan seperti ini karena musuh dan setan-setan pada bulan ini dikutuk dan dilempari sehingga mereka tidak menyakiti para wali dan orang shaleh. 

Rajab menjadi bulan pembuka serta awal persiapan umat islam untuk memasuki dua bulan suci yang juga memiliki nilai kemuliaan. 

Kedua bulan ini disebutkan ialah bulan sya’ban dan ramadhan, sehingga menjadi sebuah keharusan bagi umat islam untuk memperbanyak amal shaleh. 

Umat islam dianjurkan untuk lebih bersemangat dalam meningkatkan ketaatan kepada Allah dan kebaikan amal shaleh. 

BACA JUGA:6 Pahala Istimewa Bagi Orang Tua yang Miliki Anak Penghafal Alquran, Bikin Penduduk Langit dan Bumi Iri

Terdapat beberapa amalan yang bisa dilakukan oleh umat muslim selama bulan rajab, diantaranya

1. Memperbanyak Istighfar (Sayyidul Istighfar)

Dalam hadis Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori yaitu : “Allahumma anta rabbi, laa ilaa ha illaa anta khalaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mas tatha’tu wa a’udzubika min syarri maa shana’tu, abu’u laka bi ni’matika ‘alayya wa abuu’u bidzanbi faghfirlii innahu laa yaghfirudz dzunuba illaa anta”

Yang artinya : “Ya Allah, Engkau Tuhanku, tidak ada tuhan yang aku sembah kecuali Engkau yang telah menciptakanku. Menciptakanku sebagai hambamu dan anak dari hamba sahayamu. Hidupku ada dalam genggaman-Mu. Aku hidup atas janji dan ancaman-Mu. Selama aku bisa, aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat,. Aku telah menyia-nyiakan nikmatmu. Dan aku berbuat dosa. Maka ampunilah dosaku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

BACA JUGA:Bertetangga Juga Ada Adabnya! Mau Hidup Rukun Simak Penjelasannya Disini

2. Bersedekah 

Sedekah menjadi amalan yang dicintai oleh Allah SWT hingga Allah menyebutkannya dalam QS. Al-Baqarah : 271, 

“Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” 

Jika sedekah memiliki banyak kebaikan di hari-hari biasa, maka Allah melipatgandakan pahala sedekah khusus di bulan Rajab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: