BRI Regional Office Palembang Bersama Dinas PUPR Ajak Masyarakat Bersihkan Sungai Karang Panjang 12 Ulu

BRI Regional Office Palembang Bersama Dinas PUPR Ajak Masyarakat Bersihkan Sungai Karang Panjang 12 Ulu

Pembersihan Sungai Karang Panjang 12 Ulu, Kota Palembang, Sabtu, 2 Desember 2023.--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebagai wujud kepedulian lingkungan, BRI Regional Office Palembang bersama Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas PUPR membersihkan Sungai Karang 12 Ulu bersama masyarakat.

Kegiatan membersihkan Sungai Karang 12 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang, berlangsung Sabtu, 2 Desember 2023, dimulai sejak pagi hingga siang hari diikuti masyarakat setempat.

Pada kegiatan membersihkan Sungai Karang 12 Ulu tersebut juga dihadiri Kepala Dinas PUPR Palembang Ahmad Bastari, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA), Irigasi dan Limbah Dinas PUPR Kota Palembang, Ir. RA Marlina Sylvia, Pgs Regional CEO BRI Kanwil Palembang Aruli Irsan, Lurah Kelurahan 12 Ulu Akhmad Oktariansyah, dan pihak kantor BRI Kanwil Palembang.

Satu per satu masyarakat sekitar bersama petugas PUPR Palembang tampak bersemangat membersihkan Sungai Karang Panjang 12 Ulu.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Evaluasi Untuk Peningkatan PAD Sektor Pariwisata

Tak tanggung-tanggung petugas PUPR menurunkan 2 truk pengangkut sampah serta 20 petugas untuk membersihkan Sungai Karang 12 Ulu.

Pihak BRI Regional Office Palembang juga antusias dalam membersihkan Sungai Karang 12 Ulu tersebut.

Kepala Dinas PUPR Palembang Ahmad Bastari mengungkapkan membersihkan Sungai Karang 12 Ulu tersebut sebagai wujud kepedulian lingkungan BRI.

"Tentunya kita mengucapkan terima kasih telah memperdulikan Kota kami Palembang dan mengajak masyarakat untuk sama-sama mencintai lingkungan dan sungai," ungkapnya.

BACA JUGA:Rumah Dinas Terbuka Untuk Warga, Malam Hari Ratu Dewa Dengarkan Aspirasi Masyarakat

Dilanjutkan, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA), Irigasi dan Limbah Dinas PUPR Kota Palembang, Ir. RA Marlina Sylvia mengatakan membersihkan Sungai Karang 12 Ulu tersebut merupakan salah satu upaya pencegahan banjir.

"Kalau Sungai dibersihkan maka aliran air dapat mengalir dengan lancar, sehingga meminimalisir terjadinya banjir. Tentunya sinergi ini sangat positif," katanya.

Dalam sambutannya, Pgs Regional CEO BRI Kanwil Palembang Aruli Irsan menjelaskan Indonesia merupakan salah satu negara dengan cadangan air tawar terbesar di dunia, terdapat lebih dari 550 sungai yang mengaliri sejumlah wilayah di Indonesia dengan pencemaran sungai mencapai lebih dari 82% sehingga air menjadi tidak layak konsumsi.

Kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai bahaya membuang sampah di sungai, maka tindakan preventif dan nyata perlu dilakukan sebagai kepedulian BRI dalam menjaga lingkungan.

BACA JUGA: Tindak Lanjuti Keluhan Warga, Ratu Dewa Turunkan Petugas Benahi Jalan Semeru yang Rusak Parah

"Memasuki usia yang ke 128 tahun pada tanggal 16 Desember 2023, BRI berkomitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat melalui berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) salah satunya menyelenggarakan program bantuan BRI Peduli Jaga Sungai, Jaga Kehidupan dan BRI Menanam di 100 sungai seluruh Indonesia," jelasnya.

Diketahui, khusus untuk BRI Regional Office Palembang sendiri kegiatan ini dilaksanakan di 5 wilayah yaitu Palembang, Lahat, Baturaja, Jambi dan Sarolangun.

Aktifitas/kegiatan yang dilakukan meliputi pembersihan sampah sungai Karang Panjang 12 Ulu Kota Palembang.

Edukasi kepada Masyarakat tentang lingkungan sehat (tidak membuang sampah disungai, pengelolaan sampah).

BACA JUGA:CATAT! Musi Run 2023 Segera Dimulai, Event Lari Nasional di Palembang dengan Total Hadiah Rp 85 Juta

Bantuan BRI Peduli yaitu pemberian tempat sampah tanam, tong sampah, sepatu boot dan peralatan kebersihan lainnya.

Bri menanam yang meliputi penanaman tanaman palem, pucuk merah dan cabai disepanjang bantaran Sungai Karang Panjang 12 Ulu Kota Palembang.

Adapun pihak pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah PT. BKS sebagai pelaksana Utama, BRI Institute bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya yang memberikan edukasi kepada masyarakat, PT. DSI : Kalkulasi dampak hasil pengumpulan sampah, Komunitas Peduli Lingkungan Hidup sebagai Bank Sampah, dan Masyarakat kelurahan 12 Ulu Kota Palembang.

"Melalui kegiatan ini diharapkan bisa mendorong kepedulian masyarakat terhadap kebersihan Sungai khususnya di lingkungan 12 Ulu sehingga dapat menciptakan lingkungan Sungai yang lebih baik," tutur Aruli Irsan.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Pemkot Palembang Gelar Job Fair Siapkan 2.000 Lowongan Kerja

Kendati itu, Aruli Irsan menyebutkan di sepanjang rute yang dilalui, masyarakat akan membersihkan sampah lalu dikumpulkan untuk dipilah-pilah, kemudian dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dan disambut antusias dari masyarakat setempat, mengaku bersyukur dan berterima kasih atas program yang dilakukan BRI.

"Kami sangat senang ungkap masyakata. Ia pun menitip catatan dan harapan, Kiranya di usia ke -128, BRI tetap menjadi perbankan terbesar dan terbaik. Terima kasih BRI dan selamat menyambut HUT ke-128, semoga makin berjaya dan bermanfaat untuk negeri," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: