Tingkatkan Kualitas Penyampaian Informasi, Pemprov Sumsel Gelar Literasi Digital

Tingkatkan Kualitas Penyampaian Informasi, Pemprov Sumsel Gelar Literasi Digital

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel kembali menggelar Literasi Digital, Kamis 30 November 2023 di Hotel Novotel Palembang.--

"Saya berharap literasi digital ini bisa ini dapat dilaksanakan lagi dan dikembangkan secara teknis dan dilaksanakan dengan lebih luas. Terutama dalam kesiapan SDM yang ada di OPD masing-masing," katanya 

Berita yang tidak baik atau berita hoax, ujaran kebencian dan fitnah sangat cepat menjadi viral. Karena Bad news is good news. 

BACA JUGA: Wow! Teknologi AI Kini Menjangkau Dunia Kesehatan, Akankan Pekerjaan Manusia Diambil Alih

Banyak berita yang tidak baik, cepat sekali tersebar di media sosial hingga memancing komentar-komentar negative dari berbagai pihak.  Berita hoaks tersebar cepat  karena kurangnya informasi pembaca itu sendiri. 

"Disinilah peran pengelola media sosial dalam menyajikan berita harus dengan fakta dan sumber yang jelas.  Berhadapan dengan pembaca online berbeda dengan pembaca offline seperti surat kabar atau majalah.  Media online seperti medsos dapat berinteraksi dengan banyak orang. Dengan tidak bertatap muka langsung, netizen akan dengan bebas berkomentar tanpa memikirkan etika ber media sosial," katanya.

Saat ini adalah bagaimana kita sebagai insan pengelola informasi dan komunikasi yang disebarkan melalui media sosial baik Instagram, facebook dan Chating Room Whats App dll dapat berperan dalam memerangi berita-berita negatif tersebut, salah satunya dengan cara meningkatkan profesionalitas admin media sosial.

Kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan  mempunyai tujuan yang baik selain untuk ber silaturahmi antar sesama admin, juga sebagai ajang untuk berbagi pengalaman, menambah ilmu, dengan sesama admin media sosial OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi  Sumatera Selatan agar mempunyai satu visi antara lain mendukung pembangunan di Sumatera Selatan.

BACA JUGA: Berkas Dua Tersangka Korupsi Dana Hibah KONI Sumsel Dilimpahkan, Ketua KONI Sumsel Kapan?

"Melalui literasi Digital ini, peserta dapat lebih memahami kiat membuat pemberitaan, cara mengambil foto agar media sosial  dapat eksis ditengah maraknya media-media sosial  yang terus bermunculan," katanya.

Media Sosial  harus selalu menjaga marwahnya agar masyarakat tetap percaya dan dapat mengandalkan setiap informasi dari berita yang disampaikan. 

Ada banyak informasi positif yang dapat disampaikan ke masayarakat seperti kegiatan pembangunan Sumatera Selatan yang tersebar di 17 Kabupaten/Kota yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Saya berharap kegiatan ini akan menghasilkan output yang baik bagi para OPD untuk menghasilkan konten yang edukatif dan informatif terutama tentang berbagai pembangunan yang dilakukan oleh Pemprov Sumsel melalui OPD masing-masing. Hal inu perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran berita hoax," katanya.

BACA JUGA:Sedang Digandrungi Warga Ogan Ilir, Ini Khasiat Tersembunyi Kelapa Pandan Wangi Bagi Kesehatan

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sumsel, Rika Efianti, SE., MM., melaporkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan konten kreator yang dapat membangun komunikasi aktif, kreatif, update yang dapat, bersaing secara global, memiliki kreatifitas, mengetahui batasan dan aturan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: