Modus Ganjal Tusuk Gigi Exit Shutter Mesin ATM Marak, Pelaku Belajar dari YouTube, Emak-emak Wajib Waspada Ya!

Modus Ganjal Tusuk Gigi Exit Shutter Mesin ATM Marak, Pelaku Belajar dari YouTube, Emak-emak Wajib Waspada Ya!

Saksi menunjukkan exit shutter yang diganjal oleh pelaku menggunakan tusuk gigi yang berada di dalam minimarket. Foto: dokumen/sumeks.co--

BACA JUGA:Bobol ATM Modus Ganjal Tusuk Gigi Marak Lagi, Polres Lubuklinggau Tangkap Pelakunya

Setelah diganjal, dua pelaku menunggu calon korban. Biasanya memilih korban emak-emak. Nah ketika ada korban yang kesulitan memasukan kartu ATM, tersangka Bambang masuk ke ATM, seolah ingin menggunakan mesin ATM untuk transaksi. 

Melihat korban panik, tidak bisa memasukan kartu ATM lalu tersangka Bambang pura-pura menawarkan bantuan. Namun sebenarnya ingin menukarkan ATM korban dengan kartu ATM yang sudah disiapkan terlebih dahulu.

“Jadi Saya katakan jangan dimasukan, tapi ditempel. Sambil memperagakan dan meminjam ATM korban. Saat itulah mesin ATM ditukar dengan kartu lain yang warna sama yang telah dipersiapkan,” jelas Bambang.

Tersangka Bambang, kakek tujuh cucu, yang juga residivis kasus Narkoba di Curup, Rejang Lebong, Bengkulu.

BACA JUGA:Hanya Bermodalkan Tusuk Gigi, 3 Bandit Asal Lampung Bobol Mesin ATM

Setelah itu, tersangka meminta korban menekan PIN, lalu oleh tersangka memperhatikan atau mengingat 6 digit angka PIN ATM. Setelah  mendapatkan PIN dan kartu ATM dua tersangka kabur, mencari ATM lain untuk menguras uang korban. 

Sementara itu, tersangka Bustomi, mengaku cara-cara mencuri dengan modus tersebut dipelajari dari Youtube. 

"Idenya dari Youtube, lalu dipraktekan. Sudah dilakukan tiga kali di ATM yang sama. Berhasil dapat uang Rp450 ribu. Nama akun youtube ganjal ATM," kata tersangka Bustomi.

Bustomi berkenalan dengan rekanya Bambang, saat bekerja di Curup sebagai penjual jagung. Kemudian melihat cara mengganjal ATM di Youtube dan mengajak Bambang untuk mempraktekkannya.

BACA JUGA:Waspada Skimmer di Lubang Mulut Mesin ATM, Pakar Siber Ini Punya Tips

Dengan bekal lebih kurang 14 kartu ATM berbagai jenis, keduanya beraksi. Salah satunya di ATM Jl Yos Sudarso, Lubuklinggau (depan RM Singgalang). (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: