Kemenkominfo Imbau Prajurit TNI untuk Menjaga Keamanan Informasi yang Diakses di Dunia Digital

Kemenkominfo Imbau Prajurit TNI untuk Menjaga Keamanan Informasi yang Diakses di Dunia Digital

Kegiatan Literasi Digital Pemerintahan kepada Prajurit TNI di Provinsi Lampung yang berlangsung di Hotel Horison Kota Bandar Lampung. Selasa 14 November 2023.--

BACA JUGA:Lapas Narkotika Kelas IIA Gelar Pembinaan Tahsin dan Tajwid Al Quran bagi WBP

Melalui penyampaian materi Kecakapan Digital, Pengajar di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Sofian Lusa menyampaikan bahwa, smartphone bukan hanya alat untuk berkomunikasi, tetapi saat ini fungsinya sudah setara dengan komputer karena melekat pada kegiatan sehari-hari.

“Oleh karena itu, saat ini kita perlu menjaga sebaik mungkin smartphone kita. Jangan sembarangkan menyambungkan perangkat ke wifi gratis, jangan juga klik link yang sumbernya tidak terpercaya, apalagi download aplikasi meragukan,” tuturnya.

Menyambung soal fungsi smartphone, sekarang ini juga turut membantu dalam pekerjaan. Data-data yang dimiliki, termasuk aplikasi seperti docs, excel, dan penunjang pekerjaan lainnya, terkadang tanpa disadari saling terhubung satu sama lain. Bukan hanya aplikasi, hal itu juga berlaku untuk sosial media.

“Jadi jangan heran kalau bapak-bapak memiliki grup WhatsApp yang kemudian sedang membicarakan soal rencana berwisata ke Bali dan ketika membuka aplikasi media sosial, iklan-iklan soal hotel di Bali bermunculan, itu diviralkan oleh algoritma” lanjut Sofian.

BACA JUGA:12 Ide Desain Teras Rumah Minimalis dapat Menjadi Inspirasi Keluarga Muda

Sofian juga menyampaikan mengenai sikap skeptis di media sosial yang baiknya mulai diterapkan bagi seluruh penggunanya. Hal itu dapat menjadi benteng yang melindungi diri dari bahayanya internet seperti phising, berita hoax, dinsinformasi, dan kemungkinan-kemungkinan lain yang dapat terjadi di ruang digital.

“Kita harus mulai waspada, hati-hati terhadap data-data penting yang kalau digunakan oleh orang lain bisa dimanfaatkan untuk membahayakan diri kita,” tutupnya.

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada Prajurit TNI yang berlangsung selama dua hari di tanggal 14-15 November 2023 meliputi penyampaian materi dan sesi praktik mengenai Empat Pilar Literasi Digital, yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Budaya Digital dan Etika Digital.

Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada Tentara Nasional Indonesia merupakan salah satu rangkaian program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) dengan target 50 juta masyarakat mendapatkan literasi digital. Informasi mengenai kegiatan dapat diakses melalui website literasidigital.id, maupun media sosial Instagram, Facebook dan kanal YouTube Literasi Digital Kominfo.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: